Rabu, 17/04/2024 - 03:49 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIPERTANIAN

Resmikan Food Estate Mangga di Gresik, Jokowi Ingin Tingkatkan Produksi

ADVERTISEMENTS

Diharapkan Food Estate memenuhi kebutuhan mangga baik dalam maupun luar negeri

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan lumbung pangan atau Food Estate buah mangga dan taksi alsintan di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Senin (22/8/2022). Ia juga meresmikan penanaman bibit mangga di lahan seluas sekitar seribu hektare di empat kecamatan.

ADVERTISEMENTS

Jokowi berharap, lumbung pangan atau Food Estate mangga ini sebagian dimiliki oleh masyarakat dan sebagian swasta. Ia juga ingin lahan-lahan perkebunan ini dapat terintegrasi dengan embung yang sudah dibangun.

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

“Kita harapkan Food Estate ini, ada yang milik rakyat ada yang milik swasta dan kita ingin itu terintegrasi dengan embung yang dibangun di sini, ada embungnya ada Food Estatenya, masyarakat bisa dapat swasta juga bisa bergerak,” kata Jokowi dalam keterangannya, yang disiarkan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Presiden Jokowi Sebut Jumlah Pemudik Tahun Ini Capai 190 Juta Orang

Jokowi berharap, produksi mangga ini nantinya dapat memenuhi kebutuhan baik di dalam negeri maupun luar negeri. Peningkatan ekspor mangga perlu dilakukan karena tingginya permintaan ke beberapa negara seperti Timur Tengah, Cina, Jepang, dan Eropa.

“Yang kita inginkan adalah produksi ini, biji tanem sekarang nanti bisa berbuah kira-kira 3 tahun, sebagian diekspor, sebagian untuk keperluan domestik. Karena permintaan mangga untuk ekspor itu sekarang masih kurang ke Timur Tengah, China, ke Jepang, Eropa saya kira banyak permintaan,” jelas dia.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Volume Pengiriman Meningkat, J&T Cargo Siapkan Strategi Ini

Jokowi berharap, lumbung pangan berbasis mangga ini tidak hanya dibangun di Kabupaten Gresik, namun juga di berbagai kabupaten lainnya yang memiliki kondisi lahan yang cocok untuk tanaman mangga.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal

“Dan saya senang kelihatan yang sudah tertanam di sini, manajemennya sudah baik dan kita harapkan nanti juga ada pendampingan, QC, quality control dari buyernya sehingga level kualitasnya akan naik,” tambah dia.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%

Terkait jalur logistik, Jokowi menyampaikan pemerintah telah menyediakan jalur alternatif agar distribusi logistik dapat berjalan lancar dan lebih cepat, yakni melalui jalan tol yang sudah dibangun.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi