Sabtu, 20/04/2024 - 15:55 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

MPU Aceh Dorong UIN Ar-Raniry Kembangkan Lembaga Riset Halal di Aceh

ADVERTISEMENTS

BANDA ACEH – Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Provinsi Aceh mendorong Universitas Ielam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh untuk mengembangkan lembaga riset halal Aceh. Hal tersebut disampaikan Ketua MPU Aceh Tgk H Faisal Ali disela kunjungan silaturrahim Rektor UIN Ar-Raniry Prof Dr Mujiburrahman, MAg di Ruang Kerja Ketua MPU Aceh, Rabu (24/8/2022) kemarin.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Ketua MPU Aceh, Faisal Ali atau Lem Faisal, mengatakan, bahwa UIN Ar-Raniry merupakan lembaga pendidikan keagamaan sudah seharusnya menjadi penggerak utama dalam mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang berlatar belakang keagamaan untuk membumikan nilai-nilai kehalalan dari seluruh aspek yang ada.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“UIN Ar-Raniry yang merupakan lembaga pendidikan keagamaan, kita berharap kampus ini menjadi lokomotif terutama sekali dalam mempersiapkan SDM yang berlatarbelakang keagamaan untuk menjadi prioritas bagi UIN, dan ini juga merupakan salah yang menjadi fokus kita adalah menciptakan dan membumikan nilai-nilai kehalalan dari seluruh aspek yang ada,” ujar Lem Faisal.

ADVERTISEMENTS

Lem Faisal menambahkan, MPU sangat mendukung dan mendorong UIN Ar-Raniry untuk mengembangkan lembaga riset halal pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam itu, sehingga fokus kajian akademiknya tidak hanya pada konsep ekonomi syariah saja, juga dapat dikembangkan dalam konsep lalal lainnya.

Berita Lainnya:
Wamenkominfo Minta Generasi Muda Aceh Manfaatkan Dunia Digital Secara Positif

“Kami mendukung dan bahkan mendorong UIN Ar-Raniry untuk mewujudkan lembaga riset halal yang nantinya akan menjadi contoh se Sumatera dan kita harapkan itu segera terwujud, karena Aceh ini terkenal daerah yang melaksanakan syariah islam, bukan saja dalam konsep ekonomi yang syariah tetapi juga dalam konsep halal yang lain kita harus menjadi urutan terdepan,” kata Lem Faisal.

Ia menyakini, dengan Rektor baru dan semangat baru ini MPU akan memberikan dukungan untuk kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh dalam rangka mewujudkan lembaga riset halal Aceh ini. Ini akan menjadi contoh untuk perguruan tinggi keagamaan lainnya nantinya secara nasional.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Mujiburrahman menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada MPU Aceh atas dukungan yang diberikan kepada Perguruan Tinggi ini untuk mewujudkan lembaga riset halal di kampus.

Menurutnya, UIN Ar-Raniry telah memiliki beberapa lembaga atau pusat kajian dalam rangka mewujudkan Lembaga Riset Halal di kampus UIN Ar-Raniry, di antaranya lembaga pemeriksa halal pada Fakultas Sains dan Teknologi, dan pusat studi halal pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Berita Lainnya:
Kapolda Aceh Perintahkan Jajarannya untuk Tindak SPBU Nakal

“Kami menyampaikan terima kasih kepada MPU Aceh atas dukungan yang diberikan untuk mewujudkan pengembangan lembaga riset halal, kami yakin lembaga tersebut akan segera tewujud. Disamping dukungan dari MPU, UIN Ar-Raniry juga telah memiliki lembaga pemeriksa halal dan pusat studi halal, ini menjadi modal untuk mewujudkan lembaga riset halal tersebut,” ucap Mujib.

Rektor menambahkan, lembaga-lembaga tersebut selama ini telah melakukan berbagai kegiatan, antara lain LPH Fakultas Saintek telah melakukan silaturrahim dan koordinasi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama, dan LPH FEBI juga telah menggelar beberapa Seminar terkait produk halal, salah satu narasumbernya juga dari MPU Aceh.

Prof Mujib menyatakan, bahwa dengan dukungan dari MPU ini menjadi motivasi tersendiri bagi civitas akademika UIN Ar-Raniry untuk segera mewujudkan dan mengembangkan Lembaga Riset Halal di Aceh.[]

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi