IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Overthinking Bisa Sebabkan Stres Hingga Depresi, Begini Cara Menghentikannya

Overthinking Bisa Sebabkan Stres Hingga Depresi, Begini Cara Menghentikannya

Overthinking bisa pengaruhi produktivitas hingga rasa berharga akan diri sendiri.

JAKARTA — Overthinking atau menggunakan terlalu banyak waktu untuk memikirkan suatu hal hingga mengganggu hidup bisa menyebabkan seseorang terkena stres dan depresi. Bagaimana cara menghentikannya?

Overthinking termasuk masalah kesehatan mental? Iya, karena dampaknya banyak bisa ke produktivitas, rasa berharga akan diri sendiri. Kalau terus dipelihara nanti mengarah ke stres sampai depresi,” kata psikolog Indah Sundari Jayanti dalam sebuah bincang kesehatan di Jakarta, Kamis (25/8/2022).

Menurut Indah, orang-orang sering kali memikirkan hal yang sebenarnya tidak perlu dipikirkan saat ini sehingga menyebabkan mereka overthinking. Dia mengatakan kondisi mental terkait erat dengan fisik, sehingga saat seseorang mengalami kondisi stres tertentu, maka otomatis yang bereaksi bukan hanya psikis tetapi juga fisiknya.


Berbicara stres, Indah menyarankan orang-orang memahami kondisi dirinya. Apabila mereka masih mempunyai tenaga cukup, suasana hati positif dan merasa apa yang dihadapi prioritas, maka hadapilah.

“Tetapi kalau bukan prioritas, enggak mood, energi sudah habis, istirahat dulu. Karena sering kali kondisi stres muncul karena kita terlalu memaksakan diri untuk mengerjakan sesuatu yang di luar kapasitas kita,” kata dia.

sumber : Antara

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Overthinking Bisa Sebabkan Stres Hingga Depresi, Begini Cara Menghentikannya
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!