Sabtu, 20/04/2024 - 00:52 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Diminum Berlebihan, Dua Suplemen Ini Tingkatkan Risiko Kanker dan Penyakit Jantung

ADVERTISEMENTS

Jika dikonsumsi dengan dosis yang tepat, suplemen bisa baik bagi tubuh.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA — Suplemen vitamin dan mineral telah populer selama dekade terakhir. Di saat permintaan terus meningkat, sejumlah penelitian mengungkapkan sisi lain dari suplemen. Salah satu studi menyebut suplemen memiliki lebih banyak kerugian dibandingkan manfaatnya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Studi dari University of Colorado Cancer, AS mengungkapkan suplemen dan vitamin yang mengandung beta karoten dan asam folat dapat meningkatkan risiko kanker. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute menemukan mengonsumsi tablet dan pil yang melebihi kadar harian dapat memengaruhi kesehatan seseorang.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Daftar 10 Negara Paling Bahagia di Asia, Tak Ada Indonesia

“Kami tidak yakin mengapa ini terjadi pada tingkat molekuler, tetapi bukti menunjukkan orang yang mengonsumsi lebih banyak suplemen makanan daripada yang dibutuhkan cenderung memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker,” kata Salah satu peneliti Tim Byers.

Para peneliti menemukan beta karoten dapat meningkatkan risiko kanker paru hingga 20 persen. Beta karoten ditemukan di berbagai tanaman dan buah-buahan dengan warna jingga. Pigmen ini akhirnya diubah menjadi vitamin A dalam tubuh.

Berita Lainnya:
Masih Ada Stok 5,22 Juta Vaksin Covid-19, Kemenkes: Gratis Bagi yang Berisiko Tinggi

Versi suplemen dari pigmen ini menjanjikan kekebalan tubuh dan menjaga kulit tetap sehat. Selain beta karoten, suplemen lain yang dianggap bermasalah adalah asam folat.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Para peneliti berasumsi asam folat dapat membantu mengurangi jumlah polip di usus besar, tetapi suplemen itu justru meningkatkan jumlahnya. Mereka meninjau berbagai uji coba yang melibatkan ribuan pasien. Berlangsung lebih dari dua dekade, studi mengungkapkan bahwa mengonsumsi suplemen lebih dari jumlah yang disarankan dapat meningkatkan risiko terkena kanker paru.


 

 

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi