Sabtu, 20/04/2024 - 02:31 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Sembilan Kebiasaan yang Harus Dilakukan agar Hidup Lebih Bahagia

ADVERTISEMENTS

Lebih bahagia dengan melakukan sembilan hal ini.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA– Dalam mengejar karir dan mencapai prestasi yang paling inginkan membutuhkan dasar yang sehat. Selain itu, menjalani hidup sepenuhnya dimulai dengan memperhatikan tubuh dan pikiran Anda.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Dilansir dari cnn pada Sabtu (27/8/2022), efek jangka panjang dari kebiasaan kesehatan yang baik dan buruk bersifat kumulatif. Ada banyak bukti tentang hal-hal yang dapat dilakukan secara proaktif yang dapat meningkatkan umur panjang serta kualitas.

ADVERTISEMENTS


Berikut kebiasaan yang harus dilakukan agar hidup lebih bahagia yaitu :


Pertama, Pemeriksaan Rutin


Orang muda cenderung memiliki lebih sedikit penyakit kronis daripada yang lebih tua, tetapi pencegahan adalah kuncinya. Jika Anda melakukan skrining positif untuk pradiabetes, misalnya, ada langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk mencegah berkembang menjadi diabetes.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Pemeriksaan tahunan juga memungkinkan Anda dan dokter untuk saling mengenal. Waktu terbaik untuk menemui dokter Anda bukanlah ketika Anda sudah memiliki gejala dan membutuhkan bantuan itu secara teratur untuk membangun dan membangun hubungan itu sehingga dokter Anda bisa mendapatkan dasar kesehatan Anda.


Kedua, Aktivitas Fisik yang Konsisten


Mendapatkan aktivitas fisik yang cukup dapat menurunkan risiko terkena kondisi kronis seperti diabetes, obesitas, hipertensi, penyakit jantung dan stroke.


Ada banyak penelitian yang mendukung latihan aerobik teratur tidak hanya untuk hidup lebih lama tetapi juga untuk mempertahankan fungsi kognitif lebih lama.

Berita Lainnya:
Tips Sehat Konsumsi Hidangan Lebaran, Jangan Panaskan Makanan Bersantan Berulang-ulang


Organisasi Kesehatan Dunia telah merekomendasikan bahwa orang dewasa mendapatkan setidaknya 150 menit atau 2 jam aktivitas fisik sedang hingga berat setiap minggu, sementara orang hamil harus melakukan setidaknya 150 menit aerobik sedang dan penguatan per minggu.


Ketiga, BMI yang Sehat


Indeks massa tubuh adalah pengukuran lemak tubuh yang menilai kategori berat badan seseorang dan potensi risiko untuk masalah kesehatan.


Mempertahankan BMI yang sehat dapat memperpanjang hidup Anda lebih dari satu dekade, sebuah studi tahun 2018 menemukan dan telah dikaitkan dengan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular dan kanker yang lebih rendah. Aktivitas fisik secara teratur dan makan makanan sehat dapat membantu Anda mencapai tujuan ini.


Keempat, Nutrisi yang Tepat


Makan lebih banyak makanan nabati menyediakan sumber antioksidan yang hebat. Oksidasi adalah tanda stres dalam sistem dan dapat menyebabkan perubahan dalam penumpukan plak di arteri dan semacamnya. Dan oksidasi ini juga terkait dengan penuaan.


Anda dapat memperpanjang hidup Anda dengan makan lebih sedikit daging merah dan olahan dan lebih banyak buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian dan kacang-kacangan. Potensi manfaatnya sangat kuat jika Anda mulai dari usia muda.


Kelima, Perhatikan Kesehatan Mental


Kesehatan mental sering kali merupakan bagian yang diabaikan dari kesehatan secara keseluruhan tetapi sebenarnya memberikan kontribusi besar bagi kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.


Beberapa tahun terakhir telah membawa stres dan kecemasan, yang dapat mempengaruhi tekanan darah, tidur, pilihan diet, asupan alkohol atau upaya untuk berhenti merokok.

Berita Lainnya:
Lebih Ketat Jaga Kesehatan Selama Musim Pancaroba


Keenam, Banyak Tidur


Orang yang tidur kurang dari tujuh jam setiap malam cenderung memiliki tingkat hormon stres, gula darah dan tekanan darah yang lebih tinggi.


Anda dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur Anda dengan berolahraga secara teratur dan memiliki kebersihan tidur yang baik.


Ketujuh, Kurangi Minum Alkohol


Untuk waktu yang lama, orang telah mengasosiasikan alkohol dengan jantung yang lebih sehat. Tapi asupan alkohol berat sebenarnya bisa menjadi racun langsung ke otot jantung dan mengakibatkan gagal jantung. Dan itu juga meningkatkan (kadar gula darah) dan menyebabkan penambahan berat badan.


Kedelapan, Tidak Merokok


Merokok adalah faktor risiko utama yang meningkatkan kemungkinan beberapa jenis kanker bukan hanya kanker paru-paru tetapi juga hal-hal seperti kanker payudara. Ini juga meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke dan kondisi lain yang memperpendek hidup orang.


Kesembilan, Bangun Hubungan yang Luat


Memiliki hubungan yang dekat dan positif menambah kebahagiaan dan kenyamanan dalam hidup kita dan mengurangi stres. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang memiliki hubungan yang memuaskan dengan keluarga, teman dan komunitas memiliki lebih sedikit masalah kesehatan, hidup lebih lama dan mengalami lebih sedikit depresi dan penurunan kognitif di kemudian hari.


Sumber


https://amp.cnn.com/cnn/2022/08/23/health/longevity-live-longer-tips-wellness/index.html


 

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi