Sabtu, 20/04/2024 - 00:18 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Sikapi Perkembangan Zaman, Pelayanan Samsat Perlu Beradaptasi

ADVERTISEMENTS

Masih ada perbedaan data kendaraan bermotor yang dimiliki instansi pembina samsat.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA — Perkembangan zaman yang penuh dengan ketidakpastian menguji kemampuan untuk beradaptasi dan agile. Direktur Utama, PT Jasa Raharja Rivan A Purwantono, mengatakan tuntutan untuk survive dan terus tumbuh secara berkelanjutan, menjadi tantangan tersendiri dalam melayani masyarakat.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


“Sebagai pelayan publik, sudah tugas kita untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat sebagai bentuk kehadiran negara dalam mewujudkan kesejahteraan bangsa,” ujar Rivan, dalam sambutannya di  Rapat Koordinasi Pembina Samsat Tingkat Nasional, di Bali.

ADVERTISEMENTS


Menurut Rivan, kehadiran Sekretariat Bersama Pembina Samsat Tingkat Nasional merupakan salah satu bentuk adaptasi, guna mengantisipasi tantangan ke depan yang lebih berat. Wadah tersebut tak hanya mempererat hubungan lintas instansi dalam kesamsatan, namun juga memudahkan koordinasi pembina samsat dalam mengambil keputusan-keputusan strategis terkait pelayanan publik. 

Berita Lainnya:
Kapolda Sumbar Minta Sopir Bus ALS yang Kabur untuk Serahkan Diri


“Tentunya kita tidak bisa berdiri sendiri. Kolaborasi, komunikasi, dan koordinasi antar instansi yang tergabung dalam Kantor Bersama Samsat harus terus dilakukan,” kata Rivan.


Rivan menilai, Rakornas Pembina Samsat Nasional menjadi momentum baik untuk menyamakan pandangan dan persepsi guna meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat. Salah satu yang harus mendapat atensi serius yakni terkait masih adanya perbedaan data kendaraan bermotor yang dimiliki oleh tiap instansi pembina samsat.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Data potensi kendaraan selama tahun 2016-2021, misalnya, tercatat dalam data Polri sebanyak 143 juta potensi kendaraan, sedangkan pada data Kementerian Dalam Negeri sebanyak 122 juta, dan data pada PT Jasa Raharja sebanyak 103 juta. Rivan berpandangan, perbedaan yang cukup signifikan itu, akan menjadi penghambat. 

Berita Lainnya:
MUI: Abstain di DK PBB Tanda AS Kian Terpojok secara Internasional soal Palestina


Maka dari itu, Jasa Raharja mendukung program sinkronisasi terkait registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor. “Hal tersebut tentunya memberikan dampak yang baik, karena masing-masing tim pembina samsat, akan memiliki database yang lebih akurat dan kredibel,” ujar Rivan.


Tim Pembina Samsat Nasional secara rutin menggelar rapat koordinasi bersama jajaran Korlantas Polri, PT Jasa Raharja, dan Ditjen Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri. Agenda tahunan ini, penting digelar untuk menyamakan persepsi lintas instansi yang tergabung dalam pengelolaan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat).

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi