Kamis, 25/04/2024 - 03:57 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMISYARIAH

Konversi dan Spin Off UUS Dinilai Punya Tingkat Keberhasilan Lebih Baik

ADVERTISEMENTS

BUS hasil spin off dan konversi memiliki aset dua kali lipat dibanding non spin off.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 JAKARTA — Konversi dan spin off Unit Usaha Syariah (UUS) perbankan dinilai menjadi opsi paling mendukung peningkatan pangsa perbankan syariah nasional. Hal ini tertuang dalam kesimpulan Naskah Akademik PEBS FEB UI terkait RUU dan Pasal 68 PPSK tentang Kewajiban Spin Off UUS.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Ketua Pusat Kajian PEBS FEB UI bidang Ekonomi Syariah dan Industri Halal, Ronald Rulindo menyampaikan Naskah menyimpulkan tingkat keberhasilan UUS yang dikonversi dan UUS yang di spin off jauh lebih baik daripada UUS yang tidak spin off.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


“Oleh karenanya diperlukan stimulus untuk bank hasil konversi dan hasil spin off,” katanya, Selasa (30/8/2022).

ADVERTISEMENTS


Dalam naskah tercatat, data per kuartal II 2020, total aset BUS hasil spin off dan hasil konversi yang berhasil memiliki aset diatas Rp 10 triliun dengan jumlah sebesar Rp 275,0 triliun. Ini jauh lebih besar dibandingkan dengan total aset UUS non spin off yang berhasil memiliki aset diatas Rp 10 triliun yaitu sebesar Rp 126,1 triliun.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
OJK Susun Pedoman Proses Pemisahan Asuransi Unit Syariah


Dengan kata lain, BUS hasil spin off dan hasil konversi memiliki total aset dua kali lipat dibandingkan aset UUS non spin off. Dengan demikian, selain berdasarkan tingkat keberhasilan, juga berdasarkan kontribusi aset, sangat disarankan adanya stimulus untuk bank hasil spin off dan bank hasil konversi.


Naskah juga membandingkan tingkat keberhasilan konversi, spin off, dan non spin off. Tingkat keberhasilan konversi UUS menjadi BUS mencapai 100 persen untuk memiliki aset di atas Rp 10 triliun, yaitu Bank Aceh dan Bank NTB Syariah.


Tingkat keberhasilan UUS yang dikonversi menjadi BUS untuk mencapai aset di atas Rp 10 triliun adalah 60 persen. Yakni tiga dari lima, yakni BNI Syariah, BRI Syariah, dan BTPN Syariah yang telah memiliki aset di atas Rp 10 triliun.

Berita Lainnya:
Kementerian ESDM Sebut Indonesia tak Impor Migas Iran, Sumber Energi Aman?


Dua bank lainnya masih memiliki aset di bawah Rp 10 triliun yakni BJB Syariah dan Bukopin Syariah. Sementara UUS yang tidak di spin off hanya 20 persen yang berhasil mencapai aset di atas Rp 10 triliun, yakni empat dari 21 bank.


Empat bank tersebut adalah Maybank Syariah, BTN Syariah, Permata Syariah, dan CIMB Niaga Syariah. Sebanyak 21 bank yang belum mencapai aset Rp 10 triliun mayoritas adalah bank BPD.


Sementara itu, tingkat Bank Umum Konvensional yang dikonversi jadi syariah adalah 33,3 persen yakni dua dari enam bank. Bank dengan aset lebih dari Rp 10 triliun untuk kategori ini adalah Bank Syariah Mandiri dan Panin Syariah.


 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi