IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

B20 Indonesia Gandeng Enam Perusahaan Teken MoU dengan Institusi Pendidikan Vokasi

B20 Indonesia Gandeng Enam Perusahaan Teken MoU dengan Institusi Pendidikan Vokasi
Bagikan

Bagikan Artikel Ini

atau salin tautannya

Teknologi internet dan digitalisasi mengubah semua lanskap dunia kerja dan bisnis

JAKARTA — B20 Future of Work & Education Task Force (FOWE TF), Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia menggandeng enam perusahaan besar yakni PT Astra Agro Lestari Tbk; PT Astra Dihatsu Motor; PT Astra International Tbk; PT Astra Otoparts Tbk; PT Bina Karya Prima dan PT United Tractors Tbk untuk menandatangani dokumen perjanjian kerja sama (MoU) serentak dengan puluhan institusi pendidikan di Hotel Mulia, Jakarta, Senin (29/8/2022).

Kerja sama ini dilakukan dalam rangka mendukung pendidikan vokasi dan program magang di industri dan dunia usaha dengan konsep link and match. Melalui kerja sama ini, FOWE TF ingin membantu meningkatkan kualitas talenta muda dalam negeri melalui program magang dan penguatan pendidikan vokasi sehingga bisa memenuhi kebutuhan industri saat ini maupun di masa depan.

Dalam kegiatan ini, enam korporasi tersebut menjalin MoU dengan 30 institusi pendidikan baik SMK maupun kampus dari berbagai kota di Indonesia di antaranya PT Astra Agro Lestari Tbk dengan Akademi Komunitas Perkebunan Yogyakarta yang menguatkan kerja sama Pemagangan dan Rekrutmen karyawan. PT Astra Daihatsu Motor menggandeng SMK Plus YSB Suryalaya Tasikmalaya, SMK Budi Perkasa, SMK Muhammadiyah Lemahabang, SMK Muhammadiyah 1 Bantul, SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo, SMK Muhammadiyah 1 Moyudan, SMK Teknologi Batam dan SMK Negeri 5 Surakarta, terkait Sinkronisasi kurikulum, Pelatihan, Standarisasi fasilitas, Asesmen dan Sertifikasi, dan Rekrutmen.

BACA JUGA:
Ada Dua Nama Calon Direktur Utama Bank Aceh Syariah, James: Muhammadsyah atau Nanang?


Sementara PT Astra International Tbk dengan SMK PGRI 2 Ponorogo dan SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Kedua perusahaan ini menekankan pada Pengembangan national showcase SMK BISA binaan Astra.

Ada juga PT Astra Otoparts Tbk dengan beberapa SMK seperti SMK PGRI 20 Jakarta, SMK Brantas Malang, SMKN 5 Banjarmasin, SMKN 3 Makassar, SMK Dinamika Pembangunan 1 Bekasi, dan SMKN 3 Bekasi yang berkolaborasi terkait Pemagangan, Pelatihan tenaga pengajar dan siswa, serta Rekrutmen. Lebih lanjut, PT Bina Karya Prima menggandeng Universitas Sanata Dharma dan SMK Caraka Nusantara untuk kolaborasi Pelatihan, Praktek industri, dan Pemagangan intensif.

BACA JUGA:
Ada Dua Nama Calon Direktur Utama Bank Aceh Syariah, James: Muhammadsyah atau Nanang?


Lalu PT United Tractors Tbk menjalin kerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Jakarta, Akademi Teknik Alat Berat Indonesia Malang, Akademi Komunitas Negeri Pacitan, Sekolah Vokasi UGM, Politeknik Negeri Lhokseumawe, Politeknik Negeri Nunukan, Politeknik Negeri Madura, Politeknik Pelayaran Sorong, SMK Negeri 1 Ternate, SMK Negeri 1 Likupang Timur Sulawesi Utara, dan SMK Negeri 3 Jayapura dengan kerja sama di bidang Pembinaan dan Pengembangan berbasis kompetensi yang link and match, Penelitian, Pengabdian masyarakat, dan Penerimaan mahasiswa baru.

Chair of B20 FOWE TF, Hamdhani Dzulkarnaen Salim yang juga Direktur Astra dan Presiden Direktur Astra Otoparts dalam sambutannya mengatakan kemitraan dengan enam korporasi ini merupakan komitmen konkret dari B20 FOWE TF yang merumuskan tiga rekomendasi kebijakan mencakup tiga prioritas utama yang meliputi penciptaan lapangan kerja, pendidikan yang berkualitas untuk masa depan dan keragaman dan inklusi. Pendidikan vokasi, kata Hamdhani, secara tujuan sangat bagus karena memang membekali lulusannya dengan keterampilan. Artinya, pendidikan vokasi sangat strategis untuk memenuhi kebutuhan industri atau link and match.

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
marah
Marah
0
waduh
Waduh
0
sakit
Sakit
B20 Indonesia Gandeng Enam Perusahaan Teken MoU dengan Institusi Pendidikan Vokasi
Masuk Login

Log in or create an account now to take advantage of its privileges, and it's completely free!