Jumat, 26/04/2024 - 06:50 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Darah Astronaut Alami Mutasi Genetik, Buat Mereka Lebih Rentan Terkena Kanker

ADVERTISEMENTS

Tes darah astronaut terbukti alami mutasi genetik setelah dari luar angkasa.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 NEW YORK — Analisis darah yang diambil sebelum dan sesudah penerbangan luar angkasa telah mengonfirmasi astronaut mengalami mutasi genetik yang dapat membuat mereka lebih rentan terkena kanker dan penyakit jantung. Fungsi sel dapat berubah karena perubahan DNA yang disebabkan oleh faktor lingkungan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Dilansir dari The Register, Kamis (1/9/2022), mutasi genetik ini, yang dikenal sebagai mutasi somatik, dapat terjadi dari paparan hal-hal seperti radiasi atau bahan kimia berbahaya. Para ilmuwan dapat mengidentifikasi mutasi somatik dengan mempelajari perubahan sel darah, dan beberapa dari mutasi ini adalah tanda-tanda klonal hematopoiesis, sebuah proses di mana tubuh mulai membuat lebih banyak sel yang membawa mutasi genetik yang sama.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Hematopoiesis klonal sering dikaitkan dengan penuaan, merokok, dan membawa risiko lebih tinggi masalah kardiovaskular dan kanker darah. Sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh Icahn School of Medicine di Mount Sinai, sebuah sekolah kedokteran swasta di New York City, memutuskan untuk mempelajari risiko astronaut mengembangkan hematopoiesis klonal.

ADVERTISEMENTS


David Goukassian, profesor kedokteran di Cardiovascular Research Institute di Icahn Mount Sinai dan penulis utama studi yang diterbitkan di Nature Communications Biology, menjelaskan dalam sebuah pernyataan, “Astronaut bekerja di lingkungan ekstrem di mana banyak faktor dapat mengakibatkan mutasi somatik, yang paling penting adalah radiasi ruang, yang berarti ada risiko bahwa mutasi ini dapat berkembang menjadi hematopoiesis klonal. Mengingat meningkatnya minat pada penerbangan luar angkasa komersial dan eksplorasi ruang angkasa dalam, dan potensi risiko kesehatan dari paparan berbagai faktor berbahaya yang terkait dengan misi luar angkasa eksplorasi berulang atau berdurasi panjang, seperti perjalanan ke Mars, kami memutuskan untuk mengeksplorasi, retrospektif, mutasi somatik dalam kelompok 14 astronaut”.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Apa yang Terjadi pada Tubuh Ketika Minum Delapan Gelas Air Hangat Setiap Hari?


Goukassian dan timnya memperoleh sampel darah dari astronaut sebelum mereka dikirim ke luar angkasa, dan kemudian selama tiga hari setelah mereka mendarat kembali di Bumi selama 1998 hingga 2001. Mereka menemukan bahwa ke-14 astronaut memiliki setidaknya satu mutasi genetik, lima memiliki dua atau lebih. . Sekuensing DNA menunjukkan total 34 mutasi pada 17 gen yang terkait dengan hematopoiesis klonal.


Mutasi yang paling sering terjadi pada TP53, gen yang menghasilkan protein yang terlibat dalam menekan pertumbuhan tumor, dan dan pada DNMT3A gen lain yang terkait dengan leukemia myeloid akut. Tim percaya bahwa kerusakan pada DNA bisa disebabkan oleh penerbangan luar angkasa, meskipun mereka tidak memiliki cukup bukti untuk mengkonfirmasi kecurigaan mereka.

Berita Lainnya:
Kepala BKKBN Soroti Game yang Mengandung Kekerasa Berpotensi Merusak Moral Bangsa


“Terlalu dini untuk mengaitkan salah satu mutasi ini dengan penerbangan luar angkasa, namun, kami terkejut menemukan bahwa gen perbaikan kerusakan DNA TP53 adalah yang paling sering bermutasi dalam kohort astronaut ini, [dimana usia rata-ratanya] 44 tahun, mencerminkan a perbedaan potensial dibandingkan dengan penduduk sipil, serta berdasarkan bukti klinis saat ini, mutasi TP53 somatik jarang terjadi pada pasien tanpa riwayat radioterapi kanker,” kata Goukassian kepada The Register.


Tim berharap NASA akan menyaring astronaut untuk mutasi somatik setiap tiga hingga lima tahun untuk membangun bank sampel bagi para ilmuwan untuk dipelajari. Di masa depan, NASA dapat menggunakan data untuk memahami dan mencari tahu astronaut mana yang lebih rentan terhadap mutasi genetik dan menggunakannya untuk menghitung risiko individu.


Perlindungan terhadap kerusakan DNA mungkin tidak mungkin dilakukan jika itu karena lingkungan luar angkasa yang keras, kata Goukassian. “Identifikasi kerentanan individu dan pemantauan kemungkinan ekspansi klon atau mungkin regresi hematopoiesis klon akan memungkinkan intervensi dini untuk mengurangi atau mencegah risiko perkembangan penyakit pada astronaut,” ujarnya.

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi