Jumat, 19/04/2024 - 18:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Apa Itu Peradangan Kronis? Kenali Tujuh Tandanya

ADVERTISEMENTS

Peradangan kronis bisa menyebabkan kerusakan pada tubuh.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA — Jika Anda ingin tetap sehat selama bertahun-tahun ke depan, Anda harus memperhatikan kemungkinan tanda-tanda peradangan sistemik di tubuh. Itu karena peradangan kronis tampaknya berperan dalam banyak penyakit yang serius termasuk penyakit jantung, stroke, kanker, diabetes, dan obesitas.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Peradangan kronis adalah ketika sistem imun bekerja terlalu keras untuk menangkis ancaman dan mempertahankan mode serangan ini untuk jangka waktu yang lama. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh.

ADVERTISEMENTS


Karena peradangan terjadi pada tingkat sel, gejalanya tidak selalu terlihat jelas. Meski begitu ada beberapa tanda-tanda halus untuk membantu mengidentifikasi peradangan kronis, berikut seperti dilansir dari Live Strong, Sabtu (3/9/2022)


1. Masalah memori dan konsentrasi


Otak kemungkinan akan menanggung beban jika tubuh mengalami peradangan. Ahli endokrinologi dan internis yang berbasis di New York City, Deena Adimoolam-Gupta menjelaskan bahwa itu terjadi karena stres kronis, sekunder akibat peradangan, umumnya menyebabkan tubuh berada dalam keadaan stimulasi konstan, terutama sistem saraf simpatik.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Ciri Utama Stunting Dapat Terjadi Sejak Awal Masa Kandungan


“Dan keadaan kewaspadaan yang terus-menerus ini mempengaruhi tidur, yang pada gilirannya dapat merusak memori dan konsentrasi,” jelas Dr Adimoolam-Gupta.


 


2. Nyeri tubuh dan kelemahan otot


Internis dan gastroenterolog yang berbasis di New York, Niket Sonpal mengatakan bahwa ketika sitokin inflamasi (protein yang berhubungan dengan sistem kekebalan) meningkat dalam tubuh, mereka dapat memicu nyeri otot dan pembengkakan. Faktanya, peradangan kronis merusak serat otot tidak hanya menyebabkan kelemahan tetapi juga mempengaruhi arteri yang melewati otot.


Dr Adimoolam-Gupta menambahkan, peradangan memicu pembengkakan di dalam dan di sekitar sendi, yang dapat menimbulkan rasa sakit dan ketidaknyamanan.


 


3. Resistensi insulin


Dr Adimoolam-Gupta mengatakan, peradangan kronis menyebabkan peningkatan hormon kortisol, yang membuat sel-sel tubuh lebih tahan terhadap efek insulin, hormon yang membantu mengatur kadar gula darah. Akibatnya, resistensi insulin yang diinduksi peradangan ini dapat menyebabkan gula darah tinggi dan menyebabkan (atau memperburuk) diabetes tipe 2.

Berita Lainnya:
Begini Proses Rekonstruksi Seusai Operasi Kanker Lidah


“Peradangan kronis lebih mungkin menyebabkan resistensi insulin pada orang dengan faktor risiko tertentu, termasuk orang dengan diabetes tipe 2 atau obesitas, dan mereka yang memiliki riwayat penggunaan steroid jangka panjang,” tambah Dr Adimoolam-Gupta.


 


4. Ruam kulit


Kemerahan, lepuh, kulit kering, dan bentol yang gatal bisa menjadi penanda peradangan kronis. Ruam adalah respons terhadap sistem kekebalan yang menangkis hal-hal seperti mikroba menular, reaksi alergi, dan penyakit dalam.


“Ada ratusan ruam kulit yang mungkin ada terkait dengan perubahan inflamasi pada kulit,” kata Dr Adimoolam-Gupta.


Contoh kasusnya adalah psoriasis. Kondisi yang terjadi ketika sistem kekebalan menjadi terlalu aktif dan meningkatkan pertumbuhan sel kulit, menyebabkan peradangan kulit dan sisik dan plak psoriasis yang khas.


 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi