Rabu, 24/04/2024 - 13:06 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Pola Tidur Sehat Kurangi Risiko Sakit Kardiovaskular

ADVERTISEMENTS

Pola tidur yang baik turunkan risiko sakit kardiovaskular dan stroke.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 JAKARTA — Menurut American Sleep Association, 50-70 juta orang dewasa di Amerika Serikat memiliki gangguan tidur. Dari jumlah tersebut, 25 juta memiliki apnea tidur obstruktif (OSA), yaitu ketika otot di bagian belakang tenggorokan terlalu rileks untuk memungkinkan pernapasan teratur.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Studi menunjukkan bahwa OSA terkait dengan beberapa kondisi kardiovaskular. Penelitian juga menunjukkan bahwa pola tidur yang sehat mengurangi risiko kardiovaskular, bahkan di antara mereka yang memiliki risiko genetik tinggi.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Sebagian besar penelitian yang meneliti hubungan antara kualitas tidur dan risiko kardiovaskular berfokus pada satu dimensi tidur: durasi tidur atau sleep apnea. Efek gabungan dari beberapa dimensi tidur pada kesehatan kardiovaskular tetap dipelajari.

ADVERTISEMENTS


Baru-baru ini, para peneliti dari French National Institute of Health and Medical Research di Paris Prancis, menyelidiki efek gabungan dari beberapa kebiasaan tidur pada kejadian kondisi kardiovaskular. Mereka menemukan bahwa skor tidur yang lebih sehat secara keseluruhan dikaitkan dengan risiko kardiovaskular dan stroke yang lebih rendah.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Untuk penelitian ini, para peneliti menganalisis data yang dikumpulkan antara 2008 dan 2011 dari 7.203 pria dan wanita berusia antara 50 dan 75 tahun. Semua bebas dari kondisi kardiovaskular pada awal penelitian.


Setiap peserta menjalani pemeriksaan fisik dan berbagai tes biologis. Mereka juga memberikan informasi gaya hidup dan riwayat kesehatan mereka. Para peneliti menilai kebiasaan tidur para peserta melalui kuesioner, dengan mempertimbangkan durasi tidur, insomnia, kebiasaan bangun pagi atau morning person, apnea tidur, kantuk di siang hari,

Berita Lainnya:
Praktisi Kesehatan Sebut Kasus Infertilitas Banyak di Daerah Maju


Setiap dimensi diberi skor 1 atau 0. Kriteria untuk mencetak skor 1 atau “sehat” meliputi kronotipe awal, durasi tidur 7-8 jam per hari, tidak ada atau jarang insomnia, tidak ada apnea tidur, tidak sering mengantuk di siang hari.


Skor tidur keseluruhan di antara para peserta berkisar antara 0 hingga 5. Di antara para peserta, 6,9 persen memiliki skor tidur 0 atau 1, dan 10,4 persen memiliki skor tidur optimal 5. Setelah rata-rata tindak lanjut selama 8 tahun, para peneliti mencatat bahwa peserta dengan skor 5 (tidur optimal) memiliki risiko 74 persen lebih rendah untuk kondisi kardiovaskular dibandingkan mereka yang memiliki kualitas tidur paling buruk.


“Setiap kenaikan satu poin dalam skor tidur sehat berhubungan dengan penurunan 22 persen risiko kardiovaskular,” demikian catat para peneliti seperti dilansir dari Medical News Today, Sabtu (3/9/2022).


Ketika ditanya apa yang mungkin menjelaskan hubungan antara kurang tidur dan peningkatan risiko kardiovaskular dan stroke, peneliti postdoctoral di Université Paris Cité di Prancis yang juga salah satu penulis penelitian, Dr. Aboubakari Nambiema mengatakan bahwa hingga ini tidak ada jawaban yang pasti.


Dia mencatat bahwa American Heart Association (AHA( baru-baru ini memperbarui indikator “Life’s Essential 8Trusted Source” mereka tentang kesehatan kardiovaskular untuk memasukkan durasi tidur dan bahwa ada banyak kemungkinan mekanisme yang mendasari hubungan antara kualitas tidur dan kesehatan jantung.

Berita Lainnya:
Balita Pukuli Diri Sendiri Saat Tantrum, Bagaimana Cara Mengatasinya?


Sementara itu, Dr Saurav Luthra dari Divisi Pulmonary, Critical Care, dan Sleep Medicine dari University of Kansas Health System, menjelaskan beberapa mekanisme potensial ini. Menurut dia, penelitian saat ini menunjukkan bahwa tidur yang sehat sangat penting untuk mengistirahatkan jantung dan otak. Dengan kurangnya tidur, mungkin ada peningkatan peradangan, pelepasan hormon stres, dan penurunan pembersihan racun dari otak.


“Ini dapat memicu fluktuasi detak jantung dan peningkatan tekanan darah di malam hari. Juga dapat menyebabkan penyakit jantung seperti tekanan darah yang tidak terkontrol seperti hipertensi, irama jantung yang tidak teratur seperti fibrilasi atrium, dan kemungkinan kognisi yang buruk [atau] kesulitan memori,” kata Dr Luthra.


Dr Rigved Tadwalkar, seorang ahli jantung bersertifikat di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, yang tidak terlibat dalam penelitian ini menambahkan bahwa kurang tidur mengganggu sistem saraf simpatik respons “lawan atau lari” tubuh. Peningkatan tonus sistem saraf simpatik bertanggung jawab atas sirkulasi katekolamin yang lebih tinggi, yang merupakan hormon yang menyebabkan peningkatan denyut jantung, tekanan darah, dan resistensi pembuluh darah.


“Secara tidak langsung, kurang tidur berkontribusi pada disregulasi hormon yang menyebabkan rasa lapar. Ini berkontribusi pada obesitas, yang merupakan faktor risiko kuat untuk penyakit kardiovaskular,” kata dia.

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi