Jumat, 19/04/2024 - 19:52 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Banjir Besar Diprediksi Kembali Rendam Pakistan

ADVERTISEMENTS

Ahli meteorologi memperkirakan hujan dengan intensitas tinggi akan terjadi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

ISLAMABAD — Banjir diperkirakan akan kembali terjadi di Pakistan selatan ketika Danau Manchar semakin meluap. Ahli meteorologi memperkirakan hujan dengan intensitas tinggi akan terjadi di wilayah itu dalam beberapa hari mendatang.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Pihak berwenang mendesak penduduk desa di distrik Jamshoro dan Dadu di Provinsi Sindh dekat danau agar mengungsi. Air yang naik mencapai tingkat berbahaya dan menjadi ancaman bagi tanggul dan tanggul pelindung. Danau yang terletak di sebelah barat Sungai Indus ini merupakan danau air tawar alami terbesar di Pakistan dan salah satu yang terbesar di Asia.

ADVERTISEMENTS

Administrator distrik Jamshoro, Fariduddin Mustafa mengatakan, pada Ahad (4/9/2022), para pejabat membuat pemotongan tanggul danau untuk memungkinkan kelebihan air keluar dan akhirnya mengalir ke Indus. Namun, air terus naik, sehingga beberapa bagian dari distrik Dadu telah terendam banjir.

“Setelah kami menilai ketinggian air mencapai tingkat berbahaya… dan ada ketakutan bahwa tanggul danau akan runtuh kapan saja, pemerintah memutuskan memotong sisi Bagh-e-Yousuf untuk mencegah aliran air yang tidak terkendali,” kata Mustafa.

Berita Lainnya:
Filipina Desak China Renungkan Tindakannya yang Ancam Stabilitas Regional 

Bagian barat laut Pakistan di Khyber Pakhtunkhwa, otoritas manajemen bencana provinsi memperingatkan akan lebih banyak hujan. Kemungkinan terjadi banjir bandang, dan tanah longsor dalam pekan mendatang di distrik Malakand dan Hazara. Pemerintah wilayah Taimur Khan mendesak warga untuk tidak pergi ke salah satu daerah yang sudah banjir dalam beberapa pekan terakhir.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Menurut perkiraan awal pemerintah, kehancuran telah menyebabkan kerusakan senilai 10 miliar dolar AS. “Skala kehancuran sangat besar dan membutuhkan respons kemanusiaan yang sangat besar untuk 33 juta orang,” ujar Menteri Perencanaan, Ahsan Iqbal.

Pesawat dari berbagai negara telah membawa pasokan ke negara itu melalui jembatan udara kemanusiaan. Permintaan Pakistan telah menerima 30 pesawat yang memuat barang-barang bantuan dari Turki, Cina, Uni Emirat Arab, Prancis, Uzbekistan dan negara-negara lain dengan lebih banyak pesawat diharapkan dalam beberapa hari mendatang.

Banjir yang belum pernah terjadi sebelumnya dari hujan monsun yang telah menyebabkan hampir 1.300 orang tewas dan jutaan kehilangan tempat tinggal di seluruh negeri.  Beberapa pejabat dan ahli menyalahkan hujan muson yang tidak biasa dan banjir pada perubahan iklim, termasuk Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres.

Berita Lainnya:
Israel Bunuh Tiga Putra dan Dua Cucu Pemimpin Hamas

Guterres pada pekan lalu, meminta dunia berhenti pura-pura tidak sadar melalui krisis mematikan. Dia akan bertandang ke Pakistan pada 9 September dan mengunjungi daerah-daerah yang dilanda banjir dan bertemu dengan para pejabat.

Dalam laporan terbaru, Otoritas Manajemen Bencana Nasional Pakistan menyebutkan jumlah korban meninggal sejak pertengahan Juni mencapai 1.290. Lebih banyak kematian dilaporkan dari daerah yang terkena banjir di provinsi Sindh, Khyber Pakhtunkhwa dan Baluchistan.

Pihak berwenang mengatakan, operasi bantuan dan penyelamatan dengan pasukan dan sukarelawan menggunakan helikopter dan perahu. Semua itu dikerahkan untuk membuat orang-orang terdampar keluar dari daerah banjir ke kamp-kamp bantuan untuk mendapatkan tempat berlindung, makanan, dan perawatan kesehatan.

Puluhan kamp bantuan telah didirikan di gedung-gedung pemerintah yang melayani puluhan ribu orang. Sementara ribuan lainnya berlindung di pinggir jalan di tempat yang lebih tinggi.


sumber : AP

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi