Kamis, 18/04/2024 - 13:32 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Krisis Energi di Jerman Bisa Semakin Buruk

ADVERTISEMENTS

Jerman sebut pasokan gas masih terjamin tapi kemungkinan akan semakin memburuk

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

BERLIN — Regulator jaringan energi Jerman mengatakan situasi pasokan gas di negara itu saat ini masih terjamin. Tapi kemungkinan situasi semakin memburuk dan tegang tidak bisa dikesampingkan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Pernyataan Sabtu (3/9/2022) disampaikan setelah perusahaan energi Rusia, Gazprom memperpanjang pemeliharaan pipa gas Nord Stream 1. Rusia batalkan tenggat waktu untuk mengembalikan pasokan gas melalui jaringan pipa itu dengan alasan mereka menemukan kebocoran minyak di turbin.

ADVERTISEMENTS

“Kerusakan yang dituduhkan pihak rusia bukan alasan teknis untuk menghentikan operasi,” kata regulator Jerman dalam laporan situasi gas harian.

Berita Lainnya:
Israel Beri Syarat Khusus Jika Ingin Perang Berakhir

Pada Kamis (1/9/2022) lalu Gazprom mengumumkan menangguhkan semua pasokan gas ke Jerman via pipa Nord Stream 1. Langkah tersebut berpotensi besar memicu krisis energi di Jerman.

“Pasokan (gas) lewat Nord Stream sepenuhnya terhenti karena pekerjaan pencegahan dimulai hari ini di unit kompresor gas,” kata Gazprom dalam sebuah pernyataan singkat, Rabu (31/8/2022), dilaporkan laman TRT World.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Menurut Gazprom, pekerjaan di unit kompresor tersebut bakal berlangsung hingga Sabtu (3/9/2022) mendatang. Gazprom mengatakan, turbin satu-satunya yang ada di stasiun kompresor Portovaya, memerlukan perbaikan.

Berita Lainnya:
Amerika Didesak Keluar dari NATO jika Ukraina Bergabung

Sementara itu, Kepala Federal Network Agency (FNA) Jerman Klaus Mueller mengatakan, secara teknis, keputusan Gazprom tak dapat dipahami. Menurutnya, pekerjaan pemeliharaan Nord Stream hanyalah dalih Moskow untuk menggunakan pasokan energi sebagai ancaman.

Muller menuding, penghentian pasokan itu adalah cara menghukum Jerman karena memihak Ukraina sejak invasi oleh Rusia. Sebelumnya, Rusia memang telah mengurangi pasokan gasnya ke negara lain Eropa yang diketahui memihak Ukraina.

“Kita hanya akan tahu pada awal September apakah Rusia melakukannya lagi,” ucapnya, dikutip laman TRT World.


sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi