Jumat, 19/04/2024 - 18:39 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Air Putih Disebut Jadi Minuman Terbaik Bagi Penderita Diabetes Tipe 2

ADVERTISEMENTS

Peneliti menunjukkan air putih dapat membantu mengontrol kadar glukosa (gula) darah.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA — Diabetes tipe-2 terbukti berbahaya jika kadar gula darah tinggi dibiarkan begitu saja. Untungnya, ada minuman “terbaik” untuk diabetes yang terbukti menurunkan kadar gula darah tinggi hingga 30 persen.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Diabetes tipe-2 bisa jinak atau merusak, tergantung bagaimana Anda menanganinya. Jika Anda memilih untuk mengabaikan kadar gula darah tinggi, maka ada ancaman utama yang ditimbulkan oleh diabetes tipe-2. Namun, jika Anda mengambil langkah mengendalikannya, maka diabetes tipe-2 hampir tidak berdampak pada hidup.

ADVERTISEMENTS


Dengan pemikiran ini, satu minuman yang bisa mengatasi diabetes tipe-2 adalah air putih. Menurut Diabetes UK, air putih adalah minuman “terbaik” untuk penderita diabetes.


“Karena air tidak mengandung karbohidrat atau kalori, itu adalah minuman yang sempurna untuk penderita diabetes,” kata Diabetes UK dilansir Express, Selasa (6/9/2022).


Penelitian juga menunjukkan bahwa air putih dapat membantu mengontrol kadar glukosa (gula) darah. Temuan dari studi yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care ini menyatakan, ketika asupan air meningkat maka dapat mencegah atau menunda timbulnya hiperglikemia (gula darah tinggi) dan diabetes berikutnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Makanan Berserat Bantu Diabetesi Merasa Kenyang


Peserta yang mengonsumsi lebih dari satu liter air per hari memiliki risiko 28 persen lebih rendah terkena hiperglikemia onset baru dibandingkan dengan mereka yang minum kurang dari 500 ml air per hari. Para peneliti juga menyoroti hormon vasopresin (yang meningkat ketika dehidrasi terjadi) sebagai kemungkinan faktor risiko hiperglikemia dan diabetes.


Para penelitis menyimpulkan bahwa peningkatan asupan air dapat mengurangi kemungkinan peningkatan kadar vasopresin. Tubuh penderita diabetes membutuhkan lebih banyak cairan ketika kadar glukosa darah tinggi. Hal ini dapat menyebabkan ginjal berusaha mengeluarkan kelebihan gula melalui urine.


“Air tidak akan meningkatkan kadar glukosa darah, itulah mengapa sangat bermanfaat untuk diminum ketika penderita diabetes memiliki gula darah tinggi, karena memungkinkan lebih banyak glukosa dikeluarkan dari darah,” ujar Diabetes UK.


Seperti yang dijelaskan oleh organisasi kesehatan itu, kadar gula darah yang tinggi juga menggarisbawahi kebutuhan akan air. Diabetes UK menjelaskan memiliki kadar glukosa darah yang tinggi juga dapat meningkatkan risiko dehidrasi yang merupakan risiko bagi penderita diabetes mellitus. Orang dengan diabetes insipidus juga memiliki risiko dehidrasi yang tinggi tetapi ini tidak terkait dengan kadar glukosa darah yang tinggi.

Berita Lainnya:
5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Pemudik dengan Kendaraan Pribadi


Diabetes insipidus adalah kondisi langka, di mana Anda sering buang air kecil dan sering merasa haus. Jika Anda merasa air tidak terlalu menarik, maka tambahkan irisan buah, seperti jeruk, lemon, atau jeruk nipis.


“Anak-anak sering perlu diingatkan untuk minum, jadi beri mereka botol air berwarna-warni dengan sedotan yang funky,” kata Diabetes UK.


Apa itu diabetes tipe-2? Banyak orang menderita diabetes tipe-2 tanpa mereka sadari. Ini karena gejala tidak selalu membuat Anda merasa tidak enak badan.


Gejala diabetes tipe-2 meliputi kencing lebih dari biasanya, terutama pada malam hari, merasa haus sepanjang waktu, merasa sangat lelah, menurunkan berat badan tanpa usaha, gatal di sekitar penis atau vagina, sariawan berulang kali, luka atau luka membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh, dan penglihatan kabur.


“Temui dokter umum jika Anda memiliki salah satu gejala diabetes tipe-2 atau Anda khawatir mungkin memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe-2,” ujar badan kesehatan di Inggris, National Health Services (NHS).


NHS menjelaskan, dokter umum dapat mendiagnosis diabetes. Anda akan diminta melakukan tes darah.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi