IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

BNPB Minta Waspadai Curah Hujan Ringgi di Wilayah Sulawesi

BNPB Minta Waspadai Curah Hujan Ringgi di Wilayah Sulawesi

Banyak spot-spot yang curah hujannya di atas 150 sampai 200 mm.

 JAKARTA — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta masyarakat mewaspadai curah hujan tinggi di Pulau Sulawesi menurut prakiraan curah hujan dasarian I September 2022. Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam Disaster Briefing di Jakarta, Senin (6/9/2022) mengatakan untuk wilayah Sulawesi, banyak spot-spot yang curah hujannya di atas 150 sampai 200 mm.


“Kita lihat di Provinsi Gorontalo kemudian di Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Selatan agak ke Utara, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara itu potensi hujan dengan intensitas cukup tinggi masih terbuka,” katanya.


BNPB mengharapkan masyarakat dan pemerintah daerah meningkatkan kesiapsiagaan, melihat fenomena alam, dan berani menyiapkan evakuasi. Selain itu, beberapa wilayah diprakirakan memiliki curah hujan tinggi di antaranya Sumatra, terutama Bengkulu, kemudian sebagian besar Kalimantan, Jawa tidak terlalu signifikan. 


Abdul mengatakan prakiraan ini harus disampaikan, mengingat pada minggu lalu di acara yang sama, dia memeringatkan kesiapsiagaan wilayah Bengkulu dan Lampung yang akan mengalami curah hujan tinggi. “Ini kita harus sampaikan rekan-rekan di daerah masyarakat harus segera setidaknya menyiapkan diri,” katanya.


BNPM juga meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, terutama apabila wilayahnya pernah terjadi banjir. “Atau mengamati ada kawasan perbukitan yang pohon-pohonnya telah gundul,” ujar Abdul Muhari .


 

sumber : Antara

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
BNPB Minta Waspadai Curah Hujan Ringgi di Wilayah Sulawesi
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!