Rabu, 24/04/2024 - 05:07 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Pasca Banjir, Pakistan Terlihat Seperti Lautan

ADVERTISEMENTS

Ribuan orang menjadi korban banjir Pakistan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

ISLAMABAD — Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif mengatakan bagian dari Pakistan yang terdampak banjir tampak seperti laut. Perdana Menteri mengunjungi beberapa daerah banjir pada Rabu (7/9/2022).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Korban meninggal dunia akibat banjir yang terjadi di Pakistan sejak pertengahan Juni sejauh ini bertambah menjadi 1.343 jiwa. Sebanyak 33 juta dari 220 juta penduduknya telah terkena dampak bencana yang disebabkan oleh perubahan iklim.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Anda tidak akan percaya skala kehancuran di sana,” kata Sharif setelah kunjungan ke provinsi selatan Sindh. “Ini adalah air di mana-mana sejauh yang Anda bisa lihat. Ini seperti laut,” imbuhnya.

ADVERTISEMENTS

Pemerintah telah meningkatkan pemberian uang tunai untuk korban banjir menjadi 70 miliar rupee Pakistan (313,90 juta dolar AS). Pemerintah juga akan membeli 200 ribu tenda untuk menampung keluarga yang kehilangan tempat tinggal.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Yordania Tegaskan Wilayah Udaranya Bukan Medan Tempur Iran-Israel

Menurutnya, air yang berangsur surut justru mengancam tantangan baru dalam bentuk penyakit menular yang terbawa air. “Kita akan membutuhkan triliunan rupee untuk mengatasi bencana ini,” katanya.

PBB telah meminta bantuan masyarakat internasional sejumlah 160 juta dolar AS untuk membantu para korban banjir. Banyak dari penduduk yang terkena dampak berasal dari Sindh. Di daerah tersebut danau air tawar terbesar di Pakistan hampir meluap, bahkan setelah dilanggar dalam operasi yang menyebabkan 100 ribu orang mengungsi.

Pejabat bencana nasional mengatakan delapan anak termasuk di antara yang tewas dalam 24 jam terakhir. Banjir tersebut disebabkan oleh rekor hujan monsun dan pencairan gletser di pegunungan utara Pakistan.

Air yang meluap telah menyapu 1,6 juta rumah, 5.735 km jaringan transportasi, 750.000 ekor ternak, dan membanjiri lebih dari 2 juta hektare lahan pertanian. “Pejabat di Sindh memperkirakan air akan surut dalam beberapa hari ke depan,” kata juru bicara pemerintah provinsi Murtaza Wahab.

Berita Lainnya:
Iran Bombardir Israel dengan Rudal, Presiden Israel: Iran Sama Sekali Tak Boleh Miliki Senjata Nuklir

“Strategi kami saat ini adalah bersiap untuk budidaya gandum segera setelah air surut,” kata dia. Namun dengan lebih banyak hujan diperkirakan turun pada bulan mendatang, situasinya dapat memburuk lebih lanjut.

Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan lebih dari 6,4 juta orang membutuhkan dukungan kemanusiaan di daerah banjir. Pakistan telah menerima hampir 190 persen lebih banyak hujan daripada rata-rata 30 tahun pada bulan Juli dan Agustus. Total 391 mm (15,4 inci) sementara Sindh mendapatkan 466 persen lebih banyak hujan daripada rata-rata.

Sumber:

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi