Kamis, 25/04/2024 - 08:57 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Sering Mendengkur Bisa Jadi Tanda Kanker

ADVERTISEMENTS

Para peneliti menyebut, sering mendengkur bisa menjadi indikasi kanker.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Obstructive Sleep Apnea (OSA) adalah gangguan tidur yang memengaruhi jutaan orang Amerika setiap tahunnya. Gangguan tidur yang dimaksud di antaranya mendengkur keras, terengah-engah, dan kantuk pada siang hari. Gejala-gejalanya disebabkan oleh penyumbatan saluran udara saat tidur, yang mengakibatkan orang-orang kesulitan bernapas sepanjang malam.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Meskipun menjengkelkan bagi mereka yang mendengkur dan bagi mereka yang tinggal bersama pendengkur, para peneliti menyebut itu bisa menjadi indikasi kanker. Menurut penelitian yang dipresentasikan pada konferensi medis di Barcelona pada Senin (5/9/2022), orang yang kelebihan berat badan atau obesitas bisa menderita diabetes. Mereka yang merokok atau mengonsumsi alkohol juga termasuk yang paling berisiko.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Para ahli kesehatan dari Swedia mengatakan, mendengkur mungkin ada hubungannya dengan kekurangan oksigen yang didapat pendengkur pada malam hari. Menurut American Medical Association, di Amerika Serikat ada sekitar 30 juta orang menderita sleep apnea, tetapi hanya enam juta orang yang didiagnosis dengan kondisi tersebut.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Cegah Kekambuhan Kanker dengan Perbaiki Pola Hidup, Begini Caranya


Data itu didapat dari 62.811 pasien yang diamati di Swedia, lima tahun sebelum mereka memulai pengobatan untuk gangguan tersebut. Mereka menemukan, orang yang menderita kasus gangguan tidur yang parah berisiko lebih besar mengalami pembekuan darah di pembuluh darah mereka.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Peneliti dan konsultan senior di Universitas Uppsala Swedia, Andreas Palm, mengatakan pasien dengan OSA memiliki peningkatan risiko kanker. “Namun belum jelas apakah ini karena OSA itu sendiri atau karena faktor risiko terkait kanker seperti obesitas, penyakit kardiometabolik, dan faktor gaya hidup,” kata dia.


Temuan penelitiannya menunjukkan bahwa kekurangan oksigen karena OSA secara independen terkait dengan kanker. Mereka mengurutkan pasien menjadi dua kelompok. Kelompok pertama adalah 2.093 pasien yang memiliki gangguan dan didiagnosis dengan kanker sebelum ada diagnosis OSA. Kelompok kedua adalah mereka yang memiliki kelainan tetapi tidak ada kanker.


Studi ini mengukur jumlah gangguan pernapasan yang dialami pasien saat tidur dan menilai mereka pada Apnea Hypopnea Index (AHI). Mereka juga melihat berapa kali kadar oksigen dalam darah turun tiga persen selama setidaknya 10 detik setiap jam, Oxygen Desaturation Index (ODI).

Berita Lainnya:
Dokter Ungkap Bahaya di Balik Kebiasaan Nagita Slavina Berbagi Makanan Bekas Gigitannya


Menurut hasil dengan para peneliti juga mempertimbangkan faktor-faktor seperti ukuran tubuh, masalah kesehatan lainnya, dan status sosial ekonomi, pasien dengan kanker umumnya memiliki lebih banyak gangguan selama tidur mereka dan memiliki OSA yang lebih parah.


“Pasien-pasien ini diukur dengan rata-rata AHI 32 berbanding 30, dan ODI 28 berbanding 26. Dalam analisis subkelompok lebih lanjut, ODI lebih tinggi pada pasien dengan kanker paru-paru (38 berbanding 27), kanker prostat (28 berbanding 24), dan melanoma ganas (32 berbanding 25),” ujar Palm.


Namun, para peneliti mengatakan penelitian tersebut tidak dapat menunjukkan bahwa OSA menyebabkan kanker, dengan faktor gaya hidup seperti aktivitas fisik dan preferensi makanan yang tidak diperhitungkan secara menyeluruh dalam penelitian tersebut. Tim peneliti merencanakan lebih banyak penelitian dengan peningkatan jumlah pasien dan mengikuti mereka dari waktu ke waktu. Hubungan antara OSA dan kanker masih kurang pas dibandingkan hubungan dengan penyakit jantung dan pembuluh darah, resistensi insulin, diabetes, dan penyakit hati berlemak.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi