Sabtu, 20/04/2024 - 11:25 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Tipe Hima yang Dikembangkan dalam Peradaban Islam

ADVERTISEMENTS

Ada beberapa tipe hima yang memiliki aturan berbeda dalam melindunginya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 Rasulullah SAW dan para khalifah sangat tegas dalam menerapkan hukum yang berkaitan dengan hima. Rasulullah menegaskan, tidak ada seorang pun yang berhak untuk mengklaim hima kecuali Allah SWT. Dalam ajaran Islam, hima merupakan kawasan yang sakral bagi hewan serta tumbuhan. Untuk itu, hima diharamkan untuk perburuan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Rasulullah juga memerintahkan kepada siapa pun yang melihat orang memotong pohon di dalam hima untuk memukul si pemotong pohon dan menyita alat yang digunakan untuk memotong pohon tersebut. Hal ini pun diterapkan oleh Khalifah Umar setelah komandan perangnya Sa’ad bin Abi Waqqas mendapati seorang budak memotong tumbuhan yang ada di dalam hima.

ADVERTISEMENTS


Begitu pula ketika salah seorang sahabat Nabi yang bernama Abu Sa’id al-Khudri melihat seekor burung di tangan beberapa pemuda Madinah. Sahabat tersebut lalu mengambil burung itu dan melepaskannya ke alam bebas.

Berita Lainnya:
Berkah Ramadhan, Profesor Jenius di Universitas Harvard Ini Bersyahadat Ingin Masuk Islam


Abu Ayyub al-Ansari, sahabat Nabi yang lain juga mematuhi aturan yang berlaku di kawasan hima, Kota Madinah. Ketika Abu Ayyub melihat beberapa anak laki-laki menangkap seekor rubah di sebuah sudut Madinah, ia menyampaikan kepada anak laki-laki itu bahwa Madinah merupa kan kawasan yang diharamkan untuk berburu.


Di tanah Arab sendiri ada beberapa tipe hima yang memiliki aturan berbeda dalam melindunginya. Tipe pertama, hima tidak boleh digunakan untuk menggembala ternak. Namun, masyarakat masih diperbolehkan untuk memotong pohon di wilayah ini selama pohon yang hendak di potong telah tua dan sudah meng hasilkan bunga dan buah.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Tipe kedua, masyarakat diperbolehkan menggembala ternak dan memotong pohon yang telah berbunga dan menghasilkan buah. Hal ini dimaksudkan untuk mem bantu pembibitan secara alami pada musim selanjutnya.

Berita Lainnya:
Empat Tempat Suci di Makkah


Dalam hima tipe ketiga, masya rakat diperbolehkan menggembala ternak sepanjang tahun, namun dibatasi jumlah dan jenis binatang nya. Masyarakat juga diperbolehkan memotong rumput.


Hima tipe keempat adalah yang hanya digunakan sebagai tempat perlindungan lebah. Masyarakat hanya boleh menggembala ternak mereka di kawasan ini setelah musim bunga selesai.


Hima tipe kelima berfungsi se ba gai kawasan konservasi hutan seperti pohon Juniperus procera, Acacias spp, dan Haloxlon persicum. Masya rakat diperbolehkan memotong po hon hanya pada saat darurat. Sedangkan tipe keenam, meru pakan konservasi hutan untuk pen cegahan pembentukan padang pasir.


sumber : Dialog Jumat

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi