Selasa, 16/04/2024 - 17:36 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIMIGAS

PGN-Pindad Jajaki Kerja Sama Pemanfaatan Gas

ADVERTISEMENTS

Saat ini PGN tengah mengupayakan terobosan penyaluran LNG dalam bentuk tabung.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Subholding Gas PT Pertamina (Persero), PT PGN Tbk menjajaki kerja sama pemanfaatan gas bumi dengan PT Pindad (Persero) dalam rangka membangun kedaulatan energi nasional. Direktur Sales dan Operasi PGN Faris Aziz dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (8/9/2022) mengatakan kerja sama tersebut mencakup pengembangan teknologi tabung CNG dan LNG serta infrastruktur pendukung lainnya.

ADVERTISEMENTS


Pengembangan tabung LNG dan CNG antara lain dalam bentuk isotank, filling station, dan MRU. Sementara di proyek jaringan gas, PGN dan Pindad membuka kesempatan kerja sama dalam hal tapping saddle, elbow, fitting, dan tabung gas untuk kompor portable.

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah


Saat ini, PGN tengah mengupayakan terobosan penyaluran LNG dalam bentuk tabung seperti elpiji. Ukuran tabung LNG mulai dari 175, 110 , 80, 45, 30, dan 15 liter. Untuk segmen hotel, restoran, dan kafe bisa menggunakan ukuran 175 liter yang setara dengan elpiji 50 kg.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah


Pada Gaslink Cylinder, CNG juga dikemas dalam bentuk tabung sehingga lebih mudah dipindahkan (movable). Di dalamnya terdapat gas bertekanan 200-250 bar dan volume CNG sebesar 20 meter kubik atau setara 24 kg. Pemakaian Gaslink CNG diestimasikan dapat menghemat biaya bahan bakar sekitar 30 persen.

Berita Lainnya:
Presiden Resmikan Pembangunan Smelter, Erick: Industri Aluminium Makin Terintegrasi


“Dalam penyaluran gas bumi dengan skema nonpipa, PGN telah memiliki mode penyaluran LNG dan Gaslink Cylinder dengan potensi demand sekitar 28 BBTUD. Dua mode ini memudahkan PGN untuk bisa melayani pelanggan di sektor komersial seperti perhotelan, restoran, dan kafe,” jelas Faris.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah


Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Achmad Muchtasyar menambahkan kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan menimbulkan tantangan tersendiri dalam distribusi gas, sehingga di beberapa titik kurang ekonomis jika semua infrastruktur gas bumi dihubungkan menggunakan pipa.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal


Maka, perlu pengembangan moda transportasi gas nonpipa agar gas bumi bisa terutilisasi. “Oleh karena itu, PGN melakukan terobosan berbagai moda infrastruktur gas bumi agar mempermudah aksesabilitas pemanfaatan gas di berbagai wilayah,” jelas Achmad.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%
Berita Lainnya:
Kinerja Tumbuh Double Digit, BRIS masuk Top Gainer LQ 45


Sedangkan, Komisaris PGN Warih Sadono dan Christian Siboro juga melihat potensi kerja sama ini beriringan dengan program efisiensi pemerintah untuk mengurangi subsidi energi. “Dengan menggunakan produk dalam negeri, tentunya juga dapat meningkatkan pemanfaatan TKDN (tingkat kandungan dalam negeri). Hal ini sejalan dengan pesan Presiden Jokowi bahwa pemanfaatan sebesar-besarnya sumber daya domestik akan membantu pemulihan ekonomi dan meningkatkan daya tahan ekonomi nasional,” ujar Warih.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024


“Utilisasi gas bumi sebagai salah satu energi primer juga dapat membantu pemerintah dalam menekan defisit APBN. Ditambah lagi dengan harga gas bumi yang relatif stabil dan kompetitif, diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memilih energi yang efisien dan tentunya pilihan utama dalam masa transisi energi,” tutur Christian.

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Dengan cadangan gas bumi mencapai 60,61 triliun standar kaki kubik (TSCF), kondisi ini mendorong PGN sebagai Subholding Gas Pertamina untuk meningkatkan akselerasi pemanfaatan gas bumi dalam rangka mewujudkan kedaulatan dan kemandirian energi di Indonesia.


 


sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi