Sabtu, 20/04/2024 - 23:09 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Erdogan Klaim Turki Lakukan Tindakan Lebih Tangani ISIS daripada Negara Lain

ADVERTISEMENTS

Kebangkitan ISIS terjadi pada 2014 di Irak dan Suriah.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

ANKARA — Turki mengklaim melakukan operasi yang paling ditentukan dan berjangkauan luas terhadap kelompok ISIS dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan pada Jumat (9/9/2022), negara Barat tidak pernah melakukan operasi atau perang yang tepat melawan kelompok tersebut.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Erdogan mengatakan, negara Barat hanya terus membicarakan masalah ini tetapi tidak ada yang dilakukan. “Intelijen Nasional kami, Kementerian Dalam Negeri, dan Angkatan Bersenjata kami telah melakukan operasi yang paling bertekad dan berjangkauan luas di dunia melawan DISIS,” katanya dikutip dari Anadolu Agency.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Warga Israel Ditangkap di Malaysia Punya Senpi, Beli Rp 32 Juta Per Pistol

Pernyataan Erdogan datang tak lama setelah Turki menangkap salah satu eksekutif senior paling penting dari organisasi ISIS Bashar Khattab Ghazal al-Sumaidai dengan nama sandi Abu Zeid/Master Zeid. Dia berhasil ditangkap pada Kamis (8/9/2022).

Usai penangkapan, Erdogan menyebut Sumaidai sebagai pejabat tinggi ISIS di Suriah. “Koneksi teroris ini di Suriah dan Istanbul telah diikuti sejak lama, dan informasi intelijen diperoleh bahwa dia akan memasuki Turki secara ilegal. Teroris ini tertangkap dalam operasi yang sukses dari dinas intelijen MIT dan polisi Istanbul,” ujarnya.

Berita Lainnya:
Turki Batasi Ekspor, Israel Mengadu ke AS

Kebangkitan ISIS terjadi pada 2014 di Irak dan Suriah. Hanya saja sebagian besar wilayah ISIS  telah runtuh di bawah gelombang serangan sejak diberantas di Irak pada 2017 dan di Suriah dua tahun kemudian.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Tapi, beberapa anggota dari kelompok ISIS masih melakukan serangan di kedua negara tersebut. Perang Suriah dimulai pada 2011 dan telah menewaskan hampir setengah juta orang. Perang juga memaksa sekitar setengah dari populasi Suriah mengungsi ke negara tetangga, termasuk Turki. 


Sumber:

https://www.aa.com.tr/en/world/turkiye-leading-determined-and-far-reaching-anti-daesh-isis-operations/2681318

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi