Sabtu, 20/04/2024 - 14:09 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

7 Cara Menghemat Listrik di Rumah

ADVERTISEMENTS

Listrik merupakan salah satu kebutuhan primer manusia agar bisa hidup.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Listrik merupakan salah satu kebutuhan primer manusia agar bisa hidup. Hampir semua produk yang digunakan di rumah menggunakan listrik. Maka tak heran, agar penggunaan listrik tidak membengkak, penting bagi kamu untuk mengetahui cara menghemat listrik.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Terdapat banyak cara yang dapat kamu gunakan untuk melakukan penghematan listrik. Apabila penggunaan listrik hemat, tentu kamu tidak perlu merogoh kocek lebih dalam untuk pembayaran penggunaan listrik kepada PLN ketika proses cek tagihan listrik.

ADVERTISEMENTS


Apa saja cara yang dapat kamu gunakan untuk menghemat listrik? Berikut ini tujuh cara menghemat listrik di rumah.

7 Cara Menghemat Listrik di Rumah

– Tidak menghidupkan barang elektronik yang tidak digunakan

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Cara pertama untuk menghemat listrik di rumah yaitu dengan mematikan perangkat elektronik yang tidak digunakan. Banyak orang yang bertanya-tanya perihal pembengkakan pembayaran listrik mereka tiap bulan. Salah satu hal yang dapat membuat tagihan listrik kamu membengkak yaitu dengan tetap menghidupkan perangkat elektronik yang tidak digunakan.


Biasakan untuk selalu melepas colokan kabel saat kamu tidak menggunakan sebuah perangkat elektronik. Misalnya, dengan melepaskan kabel pengisi daya smartphon dari stop kontak, mematikan TV, dan lain sebagainya.

Berita Lainnya:
Pemudik, Ini Bahaya Menahan Kencing di Perjalanan


– Mengatur pemakaian listrik untuk barang elektronik daya listrik besar

Kemudian, cara menghemat listrik di rumah berikutnya yaitu mengatur penggunaan barang elektronik yang menggunakan daya listrik besar. Beberapa di antaranya seperti pendingin ruangan, mesin cuci, dan penanak nasi.

Kamu dapat mengakalinya dengan cara tidak menggunakan beberapa barang elektronik berdaya listrik besar secara bersamaan. Gunakanlah satu demi satu, agar daya listrik juga tidak membengkak.

– Menggunakan lampu LED atau lampu hemat energi

Lampu merupakan salah satu barang elektronik yang menggunakan daya listrik untuk bisa digunakan. Sebagai salah satu barang elektronik yang tiap hari digunakan, kamu dapat mengganti lampu di rumah dengan lampu hemat energi atau lampu LED.

Penggunaan lampu LED dapat membantu kamu dalam menggunakan sumber daya listrik dengan hemat. Meskipun demikian, terang yang dihasilkan oleh lampu LED tidak jauh berbeda dengan lampu biasa.

– Mengatur ventilasi udara dan jendela

Langkah selanjutnya yang dapat kamu manfaatkan untuk menghemat energi listrik yaitu dengan mengatur tata letak ventilasi udara dan jendela. Tata letak ventilasi udara yang tepat dapat membantu kamu dalam mengurangi penggunaan barang elektronik untuk mendinginkan ruangan atau kipas angin.

Sedangkan pengaturan jendela dapat membantu kamu untuk mendapatkan pencahayaan alami dari matahari, sehingga kamu tidak perlu menggunakan lampu selama 24 jam.

Berita Lainnya:
Suka Mabuk Perjalanan Saat Mudik? Coba Trik Sederhana Ini

– Membersihkan kulkas dan freezer

Tips selanjutnya untuk menghemat listrik di rumah yaitu dengan rutin membersihkan kulkas dan freezer di dalamnya. Tahukah kamu? Kulkas yang pada bagian freezernya terlalu banyak salju dapat membuat kulkas beroperasi lebih keras.

Tentunya, hal ini berdampak pada penggunaan listrik yang semakin membengkak. Tak hanya itu, banyaknya jumlah salju di dalam kulkas juga berpengaruh pada kualitas kulkas itu sendiri.

– Beralih ke listrik prabayar

Beralih dari listrik pascabayar ke listrik prabayar, yaitu token listrik, dapat membantu kamu untuk menekan penggunaan listrik. Secara tidak langsung, kamu sudah bisa memastikan seberapa banyak untuk penggunaan listrik di rumah.

Tentunya, ini juga dapat membantu kamu mendisiplinkan diri dalam penggunaan daya listrik yang efektif.

– Beralih ke energi panel surya

Tips terakhir yang dapat kamu pertimbangkan agar bisa menghemat penggunaan listrik di rumah yaitu dengan beralih ke penggunaan energi terbarukan. Maksud dari energi terbarukan di sini yaitu penggunaan energi bersumber daya tenaga surya atau matahari untuk menghasilkan listrik.

Pemasangan penggunaan energi dengan panel surya ini memang merogoh kocek cuku banyak di awal pemasangan. Akan tetapi, hal itu sebanding dengan penghematan yang dapat kamu lakukan di kemudian harinya.

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi