Kamis, 25/04/2024 - 12:57 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Xi Lakukan Kunjungan Luar Negeri Pertama Kali untuk Bertemu Putin

ADVERTISEMENTS

Xi terakhir bertemu Putin pada Februari saat pembukaan Olimpiade Musim Dingin.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 BEIJING — Presiden China Xi Jinping akan meninggalkan China untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua tahun untuk perjalanan ke Asia Tengah pada pekan ini. Dia akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Perjalanan yang pertama ke luar negeri sejak dimulainya pandemi Covid-19 ini menunjukkan betapa yakinnya Xi tentang cengkeramannya pada kekuasaan di China dan betapa berbahayanya situasi global. Saat ini sedang terjadi konfrontasi Rusia dengan Barat atas Ukraina, krisis Taiwan, dan ekonomi global yang gagap.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Xi dijadwalkan melakukan kunjungan kenegaraan ke Kazakhstan pada Rabu (14/9/2022). Kemudian dia akan bertemu Putin di KTT Organisasi Kerjasama Shanghai di kota kuno Jalur Sutra Samarkand di Uzbekistan.

ADVERTISEMENTS


Pembantu kebijakan luar negeri Putin Yuri Ushakov mengatakan pekan lalu, pemimpin Istana Kremlin diperkirakan akan bertemu Xi di KTT itu. Kremlin menolak untuk memberikan rincian tentang substansi pembicaraan dan Beijing belum mengkonfirmasi rencana perjalanan Xi.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Pertemuan itu akan memberi Xi kesempatan untuk menggarisbawahi pengaruhnya, sementara Putin dapat menunjukkan kecenderungan Rusia terhadap Asia. Kedua pemimpin dapat menunjukkan penentangan mereka terhadap Amerika Serikat (AS), seperti halnya Barat berusaha untuk menghukum Rusia atas perang Ukraina.


“Ini semua tentang Xi dalam pandangan saya, dia ingin menunjukkan betapa percaya diri dia di dalam negeri dan dilihat sebagai pemimpin internasional negara-negara yang menentang hegemoni Barat,” kata penulis sebuah buku tentang tantangan Xi berjudul ‘Red Flags’ George Magnus.

Berita Lainnya:
Tiga Truk Bantuan Tiba di Rumah Sakit di Jalur Gaza Utara


“Secara pribadi saya membayangkan Xi akan paling cemas tentang bagaimana perang Putin akan berlangsung dan memang jika Putin atau Rusia ikut bermain di beberapa titik dalam waktu dekat karena China masih membutuhkan kepemimpinan anti-Barat di Moskow,” ujarnya.


Kemitraan “tanpa batas” yang mendalam antara negara adidaya China yang sedang naik daun dan raksasa sumber daya alam Rusia adalah salah satu perkembangan geopolitik yang paling menarik dalam beberapa tahun terakhir. Ikatan itu pun menjadi salah satu yang dilihat Barat dengan cemas.


Pernah menjadi mitra senior dalam hierarki Komunis global, Rusia setelah runtuhnya Uni Soviet pada 1991 sekarang dianggap sebagai mitra junior dari kebangkitan kembali Komunis China. Posisinya diperkirakan akan menyalip AS sebagai ekonomi terbesar dunia dalam dekade berikutnya.


Meskipun kontradiksi historis berlimpah dalam kemitraan, tidak ada tanda-tanda bahwa Xi siap untuk menghentikan dukungannya untuk Putin dalam konfrontasi paling serius Rusia dengan Barat sejak puncak Perang Dingin. Sebaliknya, kedua pemimpin berusia 69 tahun itu memperdalam hubungan. Perdagangan melonjak hampir sepertiga antara Moskow dan Beijing dalam tujuh bulan pertama 2022.


Meski Xi telah bertemu Putin secara langsung sebanyak 38 kali sejak menjadi presiden China pada 2013, dia belum pernah bertemu langsung dengan Joe Biden sejak Joe Biden menjadi Presiden AS pada 2021. Xi terakhir bertemu Putin pada Februari hanya beberapa minggu sebelum presiden Rusia memerintahkan invasi ke Ukraina dan menabur kekacauan di ekonomi global.

Berita Lainnya:
Saling Serang Israel dan Lebanon Kian Intensif Terjadi


Pada pertemuan pembukaan Olimpiade Musim Dingin itu, Xi dan Putin mendeklarasikan kemitraan “tanpa batas”. Keduanya saling mendukung atas kebuntuan di Ukraina dan Taiwan dengan janji untuk berkolaborasi lebih banyak melawan Barat.


China telah menahan diri untuk tidak mengutuk operasi Rusia terhadap Ukraina atau menyebutnya sebagai invasi. Tindakan ini pun sejalan dengan Kremlin yang menyebut perang itu sebagai operasi militer khusus.


“Pesan yang lebih besar sebenarnya bukanlah bahwa Xi mendukung Putin, karena sudah cukup jelas bahwa Xi mendukung Putin,” kata direktur Institut China di Sekolah Studi Oriental dan Afrika di London Profesor Steve Tsang.


“Sinyal yang lebih besar adalah bahwa dia, Xi Jinping, akan keluar dari China untuk pertama kalinya sejak pandemi menjelang kongres partai. Jika akan ada persekongkolan melawannya, inilah saat persekongkolan itu akan terjadi. Dan dia jelas yakin bahwa persekongkolan itu tidak akan terjadi karena dia berada di luar negeri,” ujarnya.


Putra seorang revolusioner komunis ini siap untuk mengamankan masa jabatan kepemimpinan periode ketiga yang bersejarah di Kongres Partai Komunis ke-20 yang dimulai pada 16 Oktober. Dia terakhir meninggalkan China pada Januari 2020, sebelum dunia dikunci karena Covid-19.


sumber : Reuters

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi