Sabtu, 20/04/2024 - 00:06 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Lebih Aktif Bergerak dan Sedikit Duduk Kurangi Risiko Kanker Payudara

ADVERTISEMENTS

Studi sebut lebih aktif bergerak berpengaruh kurangi risiko kanker payudara.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA — Aktivitas fisik dan waktu duduk yang lebih sedikit telah dikaitkan dengan risiko kanker payudara yang lebih rendah dalam studi observasional. Ketika riset menunjukkan hubungan yang konsisten secara umum antara risiko kanker payudara dan aktivitas fisik,tautan antara waktu menetap dan risiko kanker payudara kurang jelas dan kurang dipelajari dengan baik.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Dilansir dari laman Medical News Today, Rabu (14/9/2022), sebagian besar penelitian yang menyelidiki hubungan antara kanker payudara dan aktivitas fisik atau waktu duduk bersifat observasional. Ini berarti bahwa alih-alih memberikan hubungan sebab akibat, mereka memberikan korelasi yang mungkin bias.

ADVERTISEMENTS


Baru-baru ini, para peneliti menganalisis data perawatan kesehatan dari 76 studi untuk menentukan apakah ada hubungan sebab akibat antara tingkat aktivitas dan kanker payudara. Mereka menemukan bahwa tingkat aktivitas fisik yang lebih besar dan waktu duduk yang lebih sedikit cenderung mengurangi risiko kanker payudara.

Berita Lainnya:
Dokter Olivia Munn Sarankan Ini untuk Deteksi Dini Kanker


“Temuan studi baru ini memberikan dukungan lebih lanjut untuk rekomendasi saat ini untuk aktif secara fisik untuk kesehatan, termasuk menurunkan risiko kanker payudara,” ujar Dr I-Min Lee, profesor kedokteran di Harvard Medical School


Salah satu penulis studi yang juga Wakil kepala Divisi Epidemiologi Kanker di Dewan Kanker Victoria, Australia, Dr Brigid Lynch menambahkan sedikit peningkatan aktivitas fisik pada tingkat populasi akan menurunkan jumlah diagnosis kanker payudara baru yang dibuat setiap tahun.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Studi tersebut dipublikasikan dalam British Journal of Sports Medicine. Untuk penelitian ini, para peneliti menganalisis data dari 130.957 wanita keturunan Eropa dari Konsorsium Asosiasi Kanker Payudara (BCAC).


Secara keseluruhan 69.838 wanita memiliki tumor kanker payudara invasif, yang telah menyebar secara lokal, 6.667 memiliki tumor in-situ yang belum menyebar, dan 54.452 tidak memiliki kanker payudara dan dimasukkan dalam penelitian sebagai kontrol, sebagai perbandingan. Para peneliti menggunakan metode statistik yang dikenal sebagai pengacakan Mendel untuk menilai hubungan antara risiko dan jenis kanker, dan faktor genetik yang terkait dengan aktivitas fisik dan perilaku menetap.

Berita Lainnya:
Cegah Remaja Tawuran, Apa yang Bisa Dilakukan Orang Tua?


Para peneliti menemukan bahwa tingkat aktivitas fisik yang diprediksi secara genetik lebih tinggi dikaitkan dengan risiko 41 persen lebih rendah terkena kanker payudara invasif terlepas dari status menopause, jenis tumor, stadium, atau tingkat. Mereka juga menemukan bahwa wanita dengan aktivitas fisik berat yang diprediksi secara genetik pada tiga hari atau lebih dalam seminggu memiliki risiko 38 persen lebih rendah terkena kanker payudara pra dan perimenopause, tetapi bukan risiko pascamenopause, dibandingkan mereka yang melaporkan sendiri tidak ada aktivitas fisik yang kuat.


Para peneliti juga menemukan bahwa varian genetik yang mempengaruhi wanita untuk jumlah waktu duduk yang lebih banyak dikaitkan dengan risiko 104 persen lebih tinggi dari kanker istirahat triple-negatif pada jenis tumor hormon-negatif. Namun, bukti yang menghubungkan perilaku menetap dengan peningkatan risiko kanker payudara secara keseluruhan lemah.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi