Jumat, 19/04/2024 - 09:56 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Gempa Kuat Guncang Tenggara Taiwan

ADVERTISEMENTS

Gempa kuat mengguncang Taiwan hingga kereta barang keluar dari relnya

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 TAIPEI — Gempa magnitudo 6,8 mengguncang pulau-pulau yang sedikit penduduknya di sebelah tenggara Taiwan. Biro cuaca setempat mengatakan guncangan mengeluarkan kereta barang dari relnya, merusak sebuah toko swalayan, dan membuat ratusan orang terjebak di jalan-jalan pegunungan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Biro cuaca mengatakan pusat gempa berada di Kabupaten Taitung. Gempa susulan bermagnitudo 6,4 kembali terjadi pada Sabtu (17/9/2022) malam di daerah yang sama. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

ADVERTISEMENTS


Pada Ahad (18/9/2022) Survei Geologi Amerika Serikat (AS) mengukur gempa magnitudo 7,2 dan di kedalaman 10 kilometer. Departemen pemadam kebakaran Taiwan mengatakan empat orang dievakuasi dari gedung yang menampung toko yang ambruk di Yuli. Sementara tiga sedang di atas kendaraan ketika jembatan yang dilalui ambruk. Mereka sudah diselamatkan dan dibawa ke rumah sakit.

Berita Lainnya:
China Cabut Peringatan Tsunami Pascagempa Taiwan


Administrasi Kereta Taiwan mengatakan enam gerbong keluar dari rel di stasiun Dongli sebelah timur Taiwan setelah kanopi platform stasiun ambruk. Namun departemen pemadam kebakaran mengatakan tidak ada yang terluka.


Lebih dari 600 orang terjebak di jalanan yang terblokir di sekitar pegunungan Chike dan Liushishi. Departemen pemadam kebakaran mengatakan tidak ada yang terluka dan petugas sedang berusaha membuka kembali jalan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Pusat Peringatan Tsunami Pasifik AS mengeluarkan peringatan pada Taiwan setelah guncangan terjadi tapi peringatan itu dicabut kembali. Badan cuaca Jepang juga mencabut peringatan tsunami di sebagai prefektur Okinawa.

Berita Lainnya:
BMKG: Cuaca Terik Bakal Berlangsung Beberapa Hari ke Depan


Biro cuaca menerangkan gempa dapat dirasakan di seluruh Taiwan. Gedung-gedung di ibu kota Taiwan sempat mengalami guncangan dan sisa guncangan masih terasa.


Taman sains di Kota Tainan dan Kaohsiung yang merupakan pusat pabrik semikonduktor mengatakan gempa tidak berdampak pada operasi mereka. Produsen chip terbesar di dunia Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. juga mengatakan gempa tidak berdampak pada operasinya.


Taiwan terletak dekat dengan dua lempeng tektonik dan kerap diguncang gempa. Pada tahun 2016 lalu lebih dari seratus orang tewas dalam gempa selatan pulau itu sementara gempa magnitudo 7,3 menewaskan lebih dari 2.000 orang pada 1999 lalu.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi