Sabtu, 20/04/2024 - 08:42 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Erdogan: Rusia dan Ukraina Capai Kesepakatan Tentang Pertukaran 200 Sandera

ADVERTISEMENTS

Presiden Erdogan mengatakan bahwa Turki mengikuti kebijakan yang seimbang antara Rusia dan Ukraina sejak perang dimulai – Anadolu Agency

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

ANKARA — Turki terus berupaya untuk menyelesaikan masalah sandera antara Rusia dan Ukraina guna mengurangi ketegangan antara kedua negara, kata Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Kami sekarang bekerja keras untuk menyelesaikan krisis penyanderaan. Kami mengambil langkah-langkah dan kami telah mencapai titik tertentu. Di sisi lain, kami mengambil langkah-langkah untuk melanjutkan koridor gandum,” kata Erdogan dalam sebuah wawancara acara TV di Amerika Serikat (AS) PBS News Hour yang ditayangkan pada Senin (19/9/2022).

ADVERTISEMENTS

Setelah kunjungan dua hari ke Uzbekistan, Erdogan saat ini berada di New York untuk menghadiri rapat Majelis Umum PBB ke-77 dan mengadakan pembicaraan di sela-sela dengan kepala negara dan pemerintah.

“Saya mengadakan pertemuan ekstensif dengan (Presiden Rusia Vladimir) Putin di Uzbekistan. Saya menyadari bahwa mereka sebenarnya berusaha menyelesaikan ini sesegera mungkin. Situasi ini adalah masalah besar.”

“Saat ini telah dicapai kesepakatan pertukaran 200 sandera. Ini perkembangan yang bagus. Karena dengan sandera ini, langkah yang sangat penting telah dilakukan di sana. Saat ini, pejabat sedang mengatur teknisnya. Dengan ini, kita akan mencapai perkembangan yang baik,” kata Erdogan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
AS Desak Ukraina Hentikan Serangan ke Fasilitas Migas Rusia

Erdogan menekankan bahwa dia telah memberi tahu Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy bahwa “tidak ada pemenang dalam perang yang berakhir dengan kematian banyak orang.”

Presiden mengatakan bahwa Turki telah mengikuti kebijakan yang seimbang antara Rusia dan Ukraina sejak perang dimulai pada Februari dan lebih suka mendengarkan kedua belah pihak.

“Itulah mengapa kami memiliki keinginan yang gigih untuk menyatukan para pemimpin ini. Mari kita satukan mereka. Saya ingin mendengar semuanya dari mereka. Kami belum berhasil, tetapi saya bukannya tanpa harapan,” tambahnya.

Berbicara tentang koridor biji-bijian, Erdogan mengulangi keinginannya agar ekspor biji-bijian dari Rusia segera dimulai, dengan mengatakan: “Satu-satunya keinginan saya adalah memastikan pengiriman produk ke negara-negara terbelakang atau miskin, bukan negara maju.”

Turki, PBB, Rusia dan Ukraina menandatangani perjanjian di Istanbul pada 22 Juli untuk melanjutkan ekspor gandum dari tiga pelabuhan Ukraina di Laut Hitam yang dihentikan sementara setelah perang Rusia-Ukraina dimulai.

Pusat Koordinasi Gabungan terdiri dari pejabat tiga negara dan PBB juga didirikan di Istanbul untuk mengawasi pengiriman tersebut.

Sejak kapal pertama berlayar di bawah kesepakatan pada 1 Agustus, lebih dari 150 kapal telah membawa lebih dari 3 juta ton produk pertanian dari Ukraina.

Hubungan dengan AS dan masalah F-16

Berita Lainnya:
Reaktor Nuklir Korsel Berhasil Terhubung ke Jaringan Listrik UEA

Menanggapi pertanyaan tentang hubungan bilateral dengan AS, Erdogan mengatakan: “Saya tidak bisa mengatakan itu pada titik yang ideal.”

Dia mengatakan volume perdagangan bilateral antara kedua negara belum mencapai tingkat yang diinginkan, yang ditentukan selama masa jabatan Presiden AS Donald Trump sebesar 100 miliar dolar AS.

“Kita tidak berada pada tingkat yang diinginkan dalam industri pertahanan,” tambah Erdogan.

Mengenai masalah jet tempur F-16 antara kedua negara, Erdogan mengatakan AS melakukan “kesalahan” ke negara sahabat dengan mengambil keputusan politik terhadap Turki.

Ankara ingin membeli F-16 dan kit modernisasi Oktober lalu. Kesepakatan senilai USD6 miliar itu akan mencakup penjualan 40 jet F-16 dan kit modernisasi untuk 79 pesawat tempur yang dimiliki Angkatan Udara Turki.

Namun, pada bulan Juli, Dewan Perwakilan Rakyat AS menyetujui undang-undang yang menciptakan halangan baru untuk penjualan.

UU ini melarang penjualan kecuali Presiden Joe Biden menyatakan bahwa transfer itu untuk kepentingan nasional AS dan menjamin kepada Kongres bahwa dalam 120 hari sebelum pengiriman, pemerintah Turki tidak “melanggar kedaulatan Yunani, termasuk melalui penerbangan teritorial.”

Turki, pada bagiannya, telah menjelaskan bahwa kondisi terkait Yunani tidak “mengikat” dan menyatakan harapan bahwa AS tidak akan jatuh pada “permainan” semacam itu.

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi