Kamis, 25/04/2024 - 05:21 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Tata Cara Sholat Hajat di Malam Rebo Wekasan Beserta Amalannya

ADVERTISEMENTS

Rebo Wekasan merupakan sholat yang dilakukan pada hari Rabu terakhir di bulan Safar.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 JAKARTA — Rebo Wekasan merupakan hari yang diyakini sebagai hari turunnya bala (bencana). Maka pada hari ini pula, ulama menganjurkan agar umat Muslim melakukan amalan berupa sholat hajat dan membaca Alquran.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Sholat hajat merupakan sholat sunnah yang dilakukan ketika kita memiliki keinginan tertentu. Maka dalam hal ini, hajat kita adalah untuk menolak bala (bencana) tersebut.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Dikutip dari buku Fiqih Islam Nusantara karya K.H. Imanuddin Utsman Al-Bantanie, disebutkan bahwa yang dimaksud Rebo Wekasan merupakan sholat yang dilakukan pada hari Rabu terakhir di bulan Safar. Karena pada hari itu sebagaimana disebutkan dalam kitab Mujarrobat al-Daerabi, ahli ma’rifat mengatakan bahwa setiap tahun turun sebanyak 320 ribu bala (bencana/musibah) pada hari Rabu terakhir di bulan Safar.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Hakim di Era Rasulullah, Sahabat, dan Tabiin  


“Maka barang siapa pada hari itu melaksanakan sholat empat rakaat, maka Allah SWT akan menjaganya dari seluruh bala tersebut selama setahun,” (Mujarrobat al-Daerabi :108)

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Namun demikian, sholat yang dilakukan pada hari Rebo wekasan jangan diniatkan khusus untuk sholat rebo wekasan. Hal ini tentu saja tidak ada dalam syariat Islam.


Menurut Imanuddin, umat Islam dapat melakukannya dengan niat sholat hajat dengan harapan selama satu tahun ini, Allah menjauhkan kita dari musibah dan bencana itu.


Lalu bagaimana tata cara sholat Rebo Wekasan ini. Menurut Imanuddin, caranya dengan melaksanakan sholat sunnah hajat sebanyak empat rakaat dengan dua kali salam. 


Setiap rakaat setelah surat Al Fatihah membaca surat Al-Kautsar sebanyak 17 kali, membaca surat Al-Ikhlas 5 kali, lalu surat Al-Falaq dan An-Nisa masing-masing satu kali.

Berita Lainnya:
Kisah Keistimewaan Akhlak Abu Bakar As Shiddiq Saat Menunaikan Ibadah Haji


Setelah selesai sholat berdoa dengan doa ini:


 


سْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ اللَّهُمَّ يَا شَدِيْدَ الْقُوَى وَيَا شَدِيْدَ الْمِحَالِ يَا عَزِيْزُ ذَلَّتْ لِعِزَّتِكَ جَمِيْعُ خَلْقِكَ اِكْفِنِيْ مِنْ جَمِيْعِ خَلْقِكَ يَا مُحْسِنُ يَا مُجَمِّلُ يَا مُتَفَضِّلُ يَا مُنْعِمُ يَا مُكْرِمُ يَا مَنْ لَا اِلَهَ اِلَّا أَنْتَ اِرْحَمْنِيْ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ .اللهم بِالسِّرِّ الْحَسَنِ وَأَخِيْهِ وَجَدِّهِ وَأَبِيْهِ وَأُمِّهِ وَبَنِيْهِ اِكْفِنِيْ شَرَّ هَذَا الْيَوْمِ وَمَا يَنْزِلُ فِيْهِ يَا كَافِيَ الْمُهِمَّاتِ يَا دَافِعَ الْبَلِيَّاتِ فَسَيَكْفِيْكَهُمُ اللهُ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَحَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ وَصَلىَّ اللهُ تَعَالىَ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ الِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ (3x)


 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi