Kamis, 25/04/2024 - 02:29 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIFINANSIAL

Erick: PLN Harus Sehat, Sebab Listrik Tumpuan Pertumbuhan Ekonomi

ADVERTISEMENTS

Listrik jadi tumpuan sesuai target Presiden agar Indonesia jadi negara industrialis

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 JAKARTA — Menteri BUMN Erick Thohir menilai PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) harus sehat. Sebab, menurut dia listrik merupakan pusat dan tumpuan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Disatu sisi, Presiden juga sudah mentargetkan Indonesia harus menjadi negara industrialis sehingga faktor keandalan listrik menjadi utama.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


“PLN ini jantungnya indoneisa. Listrik pusat pertumbuhan ekonomi. Kalau kita lihat, suka tidak suka industrialisasi perlu listrik. Sesuai arahan presiden, bagaimana kita menuju negara industri. Artinya, konteksnya ini menjadi bagian penting dalam kebangkitan industri indonesia dan impact-nya terhadap pertumbuhan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja dan fiskal negara,” ujar Erick di Kantor Pusat PLN, Rabu (21/9).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
PLN Jatim Siagakan 4.782 Personel Jaga Pasokan Listrik Saat Idul Fitri


Erick menjelaskan ketika PLN menjadi jantung perekonomian Indonesia, maka PLN harus sehat. Salah satunya dengan pembentukan holding subholding. Melalui aksi korporasi ini diharapkan PLN bisa mengakselersi kinerja sehingga bisa memberikan revenenu yang lebih besar.

ADVERTISEMENTS


“Tentunya sebagai jantung, semua punya jantung. Pasti dengan termakannya umur, kesehatan jantung pun pasti berkurang. Ada sumbatan, ada yang diring, ada yang diapakan macam macam. Maka penyehatan PLN ini penting untuk pertumbuhan ekonomi,” ujar Erick.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Menjadi negara industrialis juga kata Erick, saat ini industri di negara berkembang semua berbasis energi hijau. Kata Erick, Indonesia juga harus melakukan hal yang sama. Jika produk dari industri tidak berbasis listrik hijau maka akan sulit masuk ke pasar global.

Berita Lainnya:
Pascagempa Tuban, PLN Pastikan Sistem Kelistrikan Jatim Aman


“Bagaimana energi ini menjadi bagian mendorong industriliasais yang hijau. Karena di seluruh dunia bicara green ekonomi artinya, semua sendii kehidupan listriknya harus hijau. Kalau kita gak ikutin, maka kita gak jadi bagian supply chain dunia,” ujar Erick.


Ia berharap dengan pembentukan holding subholding di PLN saat ini mampu memperbesar ruang gerak PLN dalam memanfaatkan potensi EBT yang ada di Indonesia. Dengan terbentuknya subholding, Erick meminta PLN bisa mengakselerasi pembangunan pembangkit EBT dan memaksimalkan potensi yang ada.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi