Sabtu, 20/04/2024 - 23:02 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Memutuskan Pensiun Dini

ADVERTISEMENTS

Banyak orang menabung dan berinvestasi untuk pensiun dini.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA — Pencipta situs keuangan Millennial Money dan penulis Financial Freedom, Grant Sabatier, secara teknis belum pensiun, tapi dia bisa. Dia memiliki cukup uang dalam portofolionya untuk hidup tanpa perlu bekerja lagi.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Berdasarkan kisah suksesnya, ia membagikan dua masalah potensial yang harus dipahami sebelum pensiun dini seperti dilansir dari laman CNBC, Rabu (21/9/2022).

ADVERTISEMENTS


1. Pensiun sebelum Anda menetapkan identitas pasca-karier


Merencanakan pensiun dini mengharuskan Anda memiliki gagasan tentang seperti apa kehidupan setelah bekerja. Ini bisa jadi sulit dalam masyarakat di mana orang sering ditentukan oleh pekerjaan mereka.


Banyak orang menghabiskan waktu ini untuk bekerja dan menabung dan berinvestasi untuk pensiun dini. Kemudian mereka tidak memiliki gagasan tentang apa yang inginmereka lakukan setelahnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Itu bisa membuat Anda mengetahui berapa banyak uang yang harus dihemat. Salah satu cara untuk mempersempit segalanya adalah dengan fokus pada nilai-nilai inti Anda. Menginterogasi bagian mana dari hidup Anda yang paling memberi Anda kebahagiaan dapat membantu Anda membentuk gagasan yang lebih jelas tentang apa yang Anda inginkan.

Berita Lainnya:
Orang Tua Perlu Tahu, Ini Penyebab Remaja Rentan Alami Kecanduan


Anda dapat menghabiskan uang dengan cara yang paling efisien. Anda dapat membuat hal-hal yang paling penting bagi Anda terjadi dengan cara yang lebih besar dan lebih agung.


2. Meremehkan berapa banyak yang Anda perlukan untuk pensiun


Tak satu pun dari impian pensiun dini dengan tidak menyimpan cukup uang. “Saya melihat banyak orang pensiun dengan uang yang cukup untuk menutupi pengeluaran tahunan mereka hari ini, tetapi mereka tidak memperkirakan apa yang menambah dua anak atau pindah ke tempat tinggal dengan biaya lebih tinggi dapat menambah pengeluaran mereka,” ujar Sabatier.


Anda harus menghitung jumlah uang yang dibutuhkan dalam portofolio Anda untuk hidup selamanya. Perhitungan yang digunakan untuk menemukannya didasarkan pada “aturan 4 persen,” sebuah konsep investasi yang lahir dari studi keuangan tahun 1998. Investor yang memegang campuran saham dan obligasi dapat menarik 4 persen dari nilai portofolio mereka per tahun.


Jika Anda mengasumsikan tingkat penarikan 4 persen, Anda akan mengalikan pendapatan tahunan yang Anda harapkan perlu di masa pensiun dengan 25. Seseorang yang berharap untuk hidup dengan 50 ribu dolar AS, penarikan tahunan dari portofolio mereka akan membutuhkan 1,25 juta dolar AS untuk pensiun.

Berita Lainnya:
Tiga Selebgram Cantik Ini Tipu Puluhan Korban hingga Miliaran Rupiah


Anda mungkin berpikir 50 ribu dolar AS cukup untuk hidup ketika memulai perjalanan Anda di usia 20-an. Namun pada saat berusia 45 tahun, kebutuhan Anda mungkin telah berubah secara drastis. Anda mungkin perlu menyesuaikan angka Anda ke atas sebelum Anda dapat memiliki masa pensiun yang Anda bayangkan.


Anda mungkin harus menyesuaikan asumsi untuk seberapa cepat Anda dapat mencapai target. Itu karena penarikan investasi Anda aman, bergantung pada asumsi bahwa pasar akan secara konsisten bergerak ke atas.


Telah menjadi tren dalam jangka waktu yang lama bahwa arah investasi Anda jauh lebih tidak dapat diprediksi antara sekarang dan ketika Anda berharap untuk berhenti. “Kami tahu kami hidup di masa yang semakin tidak pasti. Saya melihat banyak orang kurang menabung dan melebih-lebihkan potensi kinerja pasar saham di masa depan.”


 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi