Jumat, 26/04/2024 - 02:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

APLIKASITEKNOLOGI

Studi: Jangan Mudah Percaya, 20 Persen Informasi di Pencarian TikTok Salah

ADVERTISEMENTS

TikTok mengatakan menghapus 340 ribu video di AS karena berbagi informasi salah.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 JAKARTA — Orang-orang muda yang ingin memuaskan rasa ingin tahu mereka semakin beralih ke TikTok sebagai mesin pencari pengganti, dengan aplikasi berbagai video yang adiktif yang diisi dengan segalanya mulai dari resep ayam goreng hingga penelusuran mendalam sejarah musik. Ini biasanya baik-baik saja jika Anda hanya mencari rekomendasi film atau tempat untuk makan siang.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Sayangnya, penelitian baru oleh NewsGuard menemukan TikTok juga mengandung banyak informasi yang salah tentang topik serius. Dilansir dari Mashable, Senin (19/9/2022), saat mencari berita terkemuka pada September, organisasi pemeriksa fakta menemukan informasi yang salah dihampir 20 persen video yang muncul di mesin pencari aplikasi.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Sebanyak 540 video TikTok dianalisis sebagai bagian dari penyelidikan ini, dengan 105 ditemukan mengandung klaim palsu atau menyesatkan. “Ini berarti bahwa untuk pencarian tentang topik mulai dari invasi Rusia ke Ukraina hingga penembakan di sekolah dan vaksin Covid, pengguna TikTok secara konsisten diberi klaim palsu dan menyesatkan,” tulis NewsGuard.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Samsung Lengserkan Apple Sebagai Pembuat Smartphone Terbesar Dunia


Studi NewsGuard juga mencatat sementara empat analis yang berbasis di Amerika Serikat (AS) yang mengambil bagian dalam penelitian ini menggunakan istilah pencarian yang netral dan lebih sarat konspirasi, TikTok sendiri sering menyarankan istilah kontroversial. Mengetik “perubahan iklim” dapat menyebabkan aplikasi menyarankan pencarian “perubahan iklim tidak ada,” dan mencari “vaksin Covid” mungkin memintanya untuk menyarankan menempelkan “terpapar” di bagian akhir.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Tes Mashable sendiri dari akun Australia yang ada hanya menemukan frasa yang tidak berbahaya seperti “mendapatkan vaksin Covid saya” ketika mencari frasa yang terakhir, namun mengetikkan “perubahan iklim” memang menyebabkan TikTok menyarankan istilah pencarian “perubahan iklim adalah mitos.”


“Pedoman Komunitas kami menjelaskan kami tidak mengizinkan kesalahan informasi yang berbahaya, termasuk kesalahan informasi medis, dan kami akan menghapusnya dari platform,” kata juru bicara TikTok dalam sebuah pernyataan kepada Mashable.


“Kami bermitra dengan suara yang kredibel untuk meningkatkan konten otoritatif tentang topik yang terkait dengan kesehatan masyarakat, dan bermitra dengan pemeriksa fakta independen yang membantu kami menilai keakuratan konten.”

Berita Lainnya:
Ini Bahaya yang Mengintai di Balik Headphone Peredam Bising 


Dalam laporan transparansi sebelumnya yang mencakup enam bulan terakhir tahun 2020, TikTok mengatakan telah menghapus lebih dari 340 ribu video di AS karena berbagi informasi yang salah, disinformasi, atau media yang dimanipulasi, serta lebih dari 50 ribu video yang menyebarkan informasi yang salah tentang Covid-19.


Informasi yang salah mengenai pemilihan presiden AS 2020, serangan Capitol 6 Januari, perang Rusia-Ukraina, dan penembakan di sekolah Uvalde sudah sangat berbahaya. Namun, laporan NewsGuard juga menemukan kesalahan informasi kesehatan yang signifikan, yang dapat memiliki dampak negatif yang lebih langsung.


 


 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi