Kamis, 18/04/2024 - 19:00 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMISYARIAH

Erick Thohir: Indonesia Harus Jadi Produsen Industri Halal Dunia

ADVERTISEMENTS

Indonesia memiliki potensi menjadi pemain besar dalam industri halal dunia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan komitmen BUMN dalam mendukung industri halal dan ekonomi syariah Indonesia. Erick menyebut Indonesia memiliki potensi menjadi pemain besar dalam industri halal dunia, baik lewat sektor makanan, minuman, kesehatan, obat-obatan, kosmetik, fashion, media, hingga pariwisata.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


“Kita jangan hanya menjadi konsumen bagi negara lain, tapi harus menjadi produsen dan pemain global. Kita eksplorasi dari sudut pandang produsen lokal yang bervisi global,” ujar Erick dalam Islamic Finance Summit 2022 bertajuk Building Economic Resilience During Uncertainty by Strengthening Halal Industry pada Kamis (22/9/2022).

ADVERTISEMENTS


Erick yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) menyebut penguatan ekosistem keuangan syariah dan industri halal dapat menjadikan Indonesia sejajar dengan negara-negara Muslim maju lainnya. Erick berharap kolaborasi BUMN dengan sejumlah pihak dapat meningkatkan pertumbuhan ekosistem ekonomi syariah secara pesat, sekaligus memperkuat akar persatuan bangsa dan membawa Indonesia maju, makmur, dan mendunia.

Berita Lainnya:
Jaga Stabilitas Harga Pangan, Erick Thohir Gencarkan Pasar Sembako Murah


BUMN, ucap Erick, memiliki segudang program yang dapat meningkatkan penetrasi produk halal melalui program Mekaar untuk usaha-usaha ibu-ibu, Pasar Digital (PaDi) UMKM, program bakti BUMN, dan santriprenur yang fokus pada pondok pesantren sebagai mercusuar perabaan serta fondasi perekonomian umat.


“Kita harus memastikan pasar industri halal Indonesia yang besar ini kembali memberikan manfaat yang besar pula bagi bangsa, bukan untuk bangsa lain,” lanjut pria kelahiran Jakarta tersebut.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Menteri ESDM Terbitkan Rekomendasi Perpanjangan Kontrak untuk Vale


Erick menilai semangat kedaulatan bangsa menjadi alasan utama di balik transformasi dan inovasi yang terhadi di BUMN. Dia mengatakan pengelolaan penyertaan modal negara (PMN) merupakan dorongan bagi langkah penugasan agar BUMN semakin tangkas dalam menyelesaikan program dan proyek stategis nasional (PSN) secara transparan, profesional, dan menerapkan tata kelola perusahaan yang baik.


“BUMN telah membuktikan kontribusi mencapai Rp 1.198 triliun selama tiga tahun terakhir, ini meningkat Rp 68 triliun dari sebelum pandemi. Kita harapkan dividen dan kontribusi BUMN dapat terus bertumbuh, tentunya dilandasi nilai-nilai Akhlak,” kata Erick menambahkan.


 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi