Jumat, 19/04/2024 - 18:21 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Yuk! Pagi-Pagi Lakukan 5 Cara Mudah Tingkatkan Kesehatan Usus

ADVERTISEMENTS

Cara mudah jaga kesehatan usus adalah mengontrol pikiran dan perbanyak makanan serat

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA — Sering mengalami sakit perut terus menerus, kembung atau masalah lainnya membuat Anda stres. Maka dari itu, untuk menyembuhkannya harus berawal dari makanan yang Anda konsumsi dan pikiran Anda.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Dilansir dari phillymag pada Rabu (21/9/2022), terdapat cara agar usus Anda tidak bermasalah. Salah satunya Anda harus mengontrol pikiran Anda dan konsumsi makanan yang banyak seratnya.

ADVERTISEMENTS


Berikut lima cara mudah meningkatkan kesehatan usus yaitu :


1. Dengarkan Tubuh


Salah satu langkah pertama dalam mengatasi iritasi usus adalah memeriksa tubuh Anda setelah makan. Ahli gizi terdaftar (RDN) Beth Auguste memberitahu kliennya untuk mencatat gejala setelah makan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Empat Kebiasaan Makan yang Berdampak Buruk Bagi Usus


Menyimpan catatan tertulis atau menggunakan aplikasi seperti mySymptoms Food Diary akan membantu mengidentifikasi tren dan gangguan usus. Tubuh setiap orang berbeda, jadi penting untuk menentukan akar masalah usus Anda untuk menemukan solusi jangka panjang.


2. Jangan Stres


Stres bisa memicu penyakit pencernaan. Direkomendasikan duduk sambil makan dan mengambil beberapa menit sebelum makan untuk melatih pernapasan dalam.


3. Mengunyah


Mengunyah makanan dengan baik memungkinkan lebih banyak enzim pencernaan dilepaskan untuk memecah makanan. Selain itu, semakin sedikit mengunyah, semakin besar partikel makanan yang berjalan ke perut, menciptakan lebih banyak pekerjaan untuk saluran pencernaan dan lebih sedikit penyerapan nutrisi penting.


Makan harus berlangsung setidaknya 15 sampai 20 menit dan meletakkan peralatan Anda di antara gigitan adalah cara yang baik untuk memperlambat.

Berita Lainnya:
Ini Pertanyaan tentang Kesehatan Usus yang Paling Banyak Dicari di Internet


4. Makan Banyak Serat


Penting untuk memasukkan makanan dengan probiotik, prebiotik dan serat ke dalam makanan Anda, tetapi mungkin sulit untuk mengetahui caranya. Ketika makanan mengandung bahan-bahan yang berwarna-warni alami seperti paprika merah, artichoke hijau, zaitun ungu mereka lebih ramah usus.


5. Mengatur Makanan yang Dikonsumsi


Direkomendasikan untuk menyesuaikan asupan makanan tertentu untuk membatasi pertumbuhan bakteri jahat di usus Anda. Ini bisa berarti mengurangi asupan gula olahan dengan mengganti cokelat hitam atau buah-buahan kaya serat untuk makanan penutup. Yang menggunakan bahan utuh seperti gula kelapa dan tepung almond, untuk makanan yang dipanggang dan alternatif protein tinggi seperti yogurt untuk makanan manis.


Haura Hafizhah

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi