Selasa, 16/04/2024 - 20:08 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Agar Hidup, Bandara Kertajati Butuh Akses Memadai

ADVERTISEMENTS

Bandara Kertajati akan melayani penerbangan komersial mulai November 2022.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana membuka kembali penerbangan komersial termasuk umrah dari Bandara Kertajati, Jawa Barat pada November 2022. Agar bandara tersebut hidup setelah dibuka kembali, pengamat penerbangan Gatot Rahardjo mengatakan dibutuhkan akses yang memadai. 

ADVERTISEMENTS


“Sebenarnya masalah Bandara Kertajati itu kan akses jalan dari Bandung dan sekitarnya,” kata Gatot kepada Republika.co.id, Kamis (22/9/2022). 

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah


Gatot menjelaskan kondisi tersebut menjadi masalah untuk penerbangan domestik. Sebab, kata Gatot, biasanya penerbangan domestik dilakukan pada golden hour atau pagi hari mulai pukul 05.00 WIB hingga 09.00 WIB sehingga persiapan penumpang harus pergi sejak pagi sekali. 

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah


“Ini yang membuat penumpang malas ke Bandara Kertajati,” tutur Gatot.

Berita Lainnya:
Erick Beberkan Alokasi PMN 2024, Penugasan dan Perkuat Modal


Sementara untuk penerbangan internasional atau umrah, Gatot mengatakan waktunya lebih fleksibel. Bahkan penerbangan internasional biasanya dibuka pada malam hari. 

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah


“Jadi untuk penerbangan internasional persiapan penumpang bisa siang hari. Jadi penumpang lebih nyaman,” ujar Gatot.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal


Gatot menilai, Bandara Kertajati sebenarnya cukup potensial untuk turis. Sebab saat melewati jalur darat dari Bandara Kertajati ke Bandung dapat melewati lokasi pariwisata. 

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%


Pemerintah memastikan pada November 2022 akan membuka Bandara Kertajati, Jawa Barat untuk penerbangan komersial termasuk umrah. Saat ini Kemenhub memastikan fasilitas yang ada di Bandara Kertajati siap untuk melayani penerbangan komersial. 

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024


“Angkutan penerbangan untuk melayani haji, umrah, dan pembukaan rute internasional diberikan melalui koordinasi dan audiensi antar kementerian atau lembaga terkait, pemerintah daerah, penyelenggara Bandar Udara Kertajati, maskapai, hingga travel agent dalam rangka pembukaan rute penerbangan umrah dari Kertajati menuju Jeddah,” kata Plt Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Nur Isnin Istiartono dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (22/9/2022). 

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Perbaikan Permanen Tol Bocimi Dilakukan Setelah Periode Lebaran


Isnin menambahkan, langkah awal untuk membuka rute penerbangan umrah dai Bandara Kertajati yakni kesiapan fasilitas. Semua fasilitas tersebut yakni custom, imigration, dan quarantine (CIQ). 


“Saat ini sudah standby on call untuk bertugas,” tutur Isnin. 


Tidak hanya fasilitas CIQ yang sudah  standby on call, fasilitas penunjang lainnya seperti penginapan atau hotel di dekat bandara, Rumah sakit, dan asrama haji. Begitu juga dengan fasilitas yang mendukung kelancaran operasional penerbangan di Bandara Kertajati sangat penting.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi