Jumat, 19/04/2024 - 06:14 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Kisah Penuh Semangat di Balik Mars dan Hymne Persistri

ADVERTISEMENTS

Konsolidasi bersama, hingga menghasilkan satu aransemen lagu yang indah.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

BANDUNG–Organisasi perempuan pada umumnya memiliki ciri khas masing-masing dalam segi branding ke khalayak umum akan keberadaannya. Tak terkecuali kisah menarik dari PERSISTRI akan sejarah Mars dan Hymne nya. Dalam laman persis.or.id, disebutkan bahwa ini berawal pada 1995 dari obrolan ringan antara almh. Hj Nung Nuriyah Sudibja selaku Ketua Bidang Maliyah tahun 1995-2000 yang mencanangkan satu lirik lagu kepada Hj. Euis Latifah sebagai Sekretaris Bidang Maliyah, saat berada di Kantor Pusat PP Persistri yang lama, Jalan Pajagalan (PPI Pajagalan, Bandung) yakni tentang semangatnya berjihad di Persistri.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Hal tersebut disambut baik oleh Euis Latifah, karena memang ada salah satu anggota keluarganya yang berprofesi sebagai musisi. Bak gayung bersambut, suami dari Hj Euis Latifah yang bernama Sudarya, Amd adalah musisi dan Kepala Sekolah SD Sukasari 2 dan SMP PGRI Pameungpeuk memiliki yang rasa jihad yang sama, hingga membuatkan nada dan notasi.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Marsekal Fadjar Harap TNI AU Makin Kuat di Bawah Marsdya M Tonny Harjono


Ketua Umum PP Persistri Lia Yulianti, mengungkapkan dalam persis.or.id bahwa dari situ, terjadilah suatu konsolidasi bersama, hingga menghasilkan satu aransemen lagu yang ciamik dengan direkam oleh kaset pita/tape recorder. Ada satu hal yang tak diduga terjadi. Pada tahun tersebut, masih menjadi perdebatan internal tentang seorang perempuan yang menyanyikan sebuah lagu dengan suara yang lantang. Hingga akhirnya, hilang pulalah rekam jejak Mars dan Hymne Persistri pada saat itu.


Namun, harapan itu masih nyata dan tidak terkikis. Pada 2019, atas inisiatif Lia dibuatlah kembali Mars dan Hymne Persistri yang lebih apik dan harmonis dengan dibantu oleh beberapa rekan yang memiliki semangat yang sama. Ada hal menarik, karena Euis adalah orang yang pertama mendengar ide dan gagasan serta falsafah dari lagu tersebut, maka beliau membantu atas wacana diproduksi kembali Mars dan Hymne-nya.

Berita Lainnya:
Kemungkinan Gabungnya PDIP ke Koalisi, Idrus Marham: Ada Hitung-Hitungannya


Di antara beberapa orang yang ikut andil berpartisipasi dalam produksinya kembali adalah Ginanjar Kurnia sebagai komposer, Rima Mustika sebagai pembaharu lirik lagu dari sebelumnya, Nurjamiat Afandi, serta Rima Mustika sebagai penyanyi solo pada awal rekaman. Tak hanya sampai di situ, dimulailah rekaman tahap akhir yang beralamatkan di Ciparay (studio musik TRIVAS) dengan tim paduan suara yang beranggotakan delapan orang sehingga menghasilkan lagu yang dinyanyikan oleh jemaah Persistri hingga saat ini.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


“Alhamdulillah dengan segala doa, kerja keras, dan usaha dari berbagai pihak yang telah membantu menyukseskan Mars dan Hymne Persistri ini, hingga sekarang sangat mudah untuk mendapatkannya dalam bentuk fisik, scan barcode, dan file di google Drive. Sekali lagi jazakumullahu khoir, ” papar Lia.


 


 


Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi