Jumat, 19/04/2024 - 14:36 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Ingin Hidup yang Seimbang? Jangan Lupa Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

ADVERTISEMENTS

Menurut psikolog kehidupan pribadi dan pekerjaan seseorang harus seimbang

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA – Psikolog klinis dewasa Nirmala Ika Kusumaningrum menganjurkan agar pekerja tetap meluangkan waktu untuk diri sendiri. Dengan demikian tercipta keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan (work-life balance).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Nirmala mengatakan kehidupan pribadi dan pekerjaan seseorang harus seimbang. Dengan begitu, kelelahan fisik, mental, dan emosional atau burnout setidaknya dapat dihindari.

ADVERTISEMENTS


“Mulailah latih diri, minimal dalam satu hari punya waktu untuk diri sendiri. Kalau sibuk, mulailah dengan 30 menit saja, kalau bisa syukur-syukur satu jam. Namun itu rutin dilakukan. Itu menjadi sebuah habit bahwa seseorang pasti punya waktu untuk dirinya,” kata psikolog lulusan Universitas Indonesia (UI) itu saat dihubungi Antara di Jakarta pada Jumat (23/9/2022).


Ia mengatakan setiap individu punya cara yang berbeda-beda untuk menyeimbangkan hidupnya. Namun,hal tersebut harus dimulai dengan mengenali diri sendiri terlebih dahulu.


Pekerja dianjurkan untuk mengambil hari libur dalam sepekan. Jika memang tidak memungkinkan karena tuntutan pekerjaan, Nirmala menyarankan setidaknya meluangkan waktu untuk diri sendiri minimal 30 menit dalam sehari dan dilakukan secara rutin.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Video Anak Kena Virus Angin di Jayapura Ternyata Hoaks, Seperti Apa Faktanya?


Waktu untuk diri sendiri bukan ditafsirkan sebagai kesempatan untuk tidur. Menurut Nirmala, waktu untuk diri sendiri berarti melakukan aktivitas ringan yang disukai yang tidak berkaitan dengan pekerjaan.


“Atau sekadar cuma duduk-duduk, bengong. Kasih kesempatan diri kamu untuk bisa menikmati bengong itu dan tidak melakukan apa pun, tapi kamu menikmatinya. Atau ada orang yang memang harus bergerak, bisa pakai waktu itu untuk olahraga rutin untuk jadi kebiasaan baru,” katanya.


Nirmala menambahkan sebagian orang masih kesulitan meluangkan waktu bagi dirinya sendiri dengan alasan banyaknya beban kerja sehingga waktu sudah habis tersita. Padahal, bisa jadi masalahnya bukan terletak pada beban kerja melainkan pada beban pikiran individu tersebut.


“Banyak orang dari kita itu lebih belum bisa melihat celahnya itu, kenapa? Karena sebenarnya bukan pekerjaannya yang padat, kadang di dirinya sendiri yang sudah padat. Padat dengan pikiran dia. Aku harusnya begini-begitu, sehingga dia nggak punya waktu, semua waktu harus didedikasikan untuk satu hal,” katanya.

Berita Lainnya:
Dokter Sarankan Pemudik Beristirahat Begitu Sampai di Rumah


Menurut Nirmala, masyarakat biasa tumbuh dengan pandangan bahwa kesuksesan akan datang jika seseorang bekerja keras, bahkan tak mengenal waktu. Pandangan tersebut keliru. Ia menekankan, bukan kerja keras melainkan kerja pintar atau smart.


Bekerja secara pintar berarti mampu memanajemen beban pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien. Pekerja disarankan untuk hanya fokus pada hal-hal yang memang perlu dikerjakan sesuai dengan tanggung jawab dan porsinya.


“Saya setuju bahwa kita memang harus kerja smart, tidak harus kerja sampai sekeras itu seperti tidak kenal waktu. Kita bisa memanajemen itu. Ketika kita bicara work smart, ya, kita harus bisa memanajemen itu dan menyeimbangkan hidup itu,” kata Nirmala.


Senada, psikolog klinis lulusan dari Universitas Indonesia (UI) Muthmainah Mufidah menggarisbawahi pentingnya mengenali kebutuhan diri sendiri terlebih dahulu untuk mewujudkan keseimbangan dalam kehidupan pribadi dan pekerjaan. “Kenali kebutuhan diri. Kalau badan sudah memberikan sinyal-sinyal untuk istirahat maka didengarkan, dan lakukan self-care secara rutin,” katanya melalui keterangan tertulis.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi