Selasa, 16/04/2024 - 15:49 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

HIBURAN

Jenis Sayuran Hijau Ini Bisa Sebabkan Terbentuknya Batu Ginjal

ADVERTISEMENTS

BANDA ACEH – TINGGINYA tingkat konsumsi makanan berkadar protein tinggi berasal dari protein tinggi dan makanan berkalsium tinggi menjadi salah satu penyebab batu ginjal.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Batu ginjal terbentuk dari gumpalan kalsium, magnesium, dan asam urat. Beberapa jenis makanan diketahui juga bisa memicu terbentuknya batu ginjal.

ADVERTISEMENTS

Jenis makanan pemicu batu ginjal salah satunya adalah sayuran hijau. Ya, sayuran adalah makanan sehat yang kaya vitamin juga serat ini mengandung oksalat dalam jumlah tinggi. 

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

Mengonsumsi terlalu banyak makanan tinggi oksalat akan meningkatkan jumlah oksalat dalam urine, yang berikatan dengan kalsium dalam urine sehingga membentuk batu ginjal kalsium oksalat.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah

Jenis sayuran berdaun hijau yang mengandung oksalat antara lain bayam, lobak, kale, bit hijau,kedelai,  bubuk cokelat, wheat bran, dan kacang-kacangan.

Berita Lainnya:
Komedian Babe Cabita Meninggal Dunia, Sempat Minta Maaf Sebelum Ramadhan

“Hhngga saat ini belum diketahui kaitan pasti antara batu ginjal dan sayuran kale, tapi semakin banyak orang sehat yang datang dengan keluhan batu ginjal. Batu ginjal juga bisa diakibatkan konsumsi makanan tinggi protein,” ujar Mantu Gupta, MD, direktur The Kidney Stone Center di Mount Sinai Hospital seperti dilansir Shine Yahoo.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

Jadi, protein hewani akan mengumpulkan banyak garam dan asam ke urine, yang dapat menyebabkan munculnya batu. Hal inilah yang menyebabkan orang yang memiliki pola makan vegetarian dan vegan lebih jarang mengalami batu ginjal, walau banyak makan sayuran. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal

Namun, ada faktor lain yang mempengaruhi munculnya batu ginjal diantaranya, yaitu garis keturunan, obesitas, dan kekurangan magnesium.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%
Berita Lainnya:
Soal Kemungkinan Reuni Bersama Naif, Ini Kata Franki Indrasmoro Alias Pepeng

“Cara terbaik untuk mengurangi risiko pembentukan batu ginjal adalah dengan mengurangi asupan makanan tinggi oksalat.  Namun bukan berarti Anda harus menghilangkan sayur dalam asupan sehari-hari, tapi dibatasi asupannya saja,” ujar Philip Buffington, MD selaku Ahli Urologi.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

“Untuk melawan kadar oksalat dan menghambat pembentukan batu, hal yang paling penting untuk dilakukan adalah cukup konsumsi air, mengurangi asupan garam meja, serta menambahkan perasan jeruk (seperti lemon atau jeruk biasa) dalam minuman untuk mengurangi protein hewani”, jelas Buffington.

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Sedangkan, Gupta menyarankan untuk mengkonsumsi segelas susu atau yoghurt untuk makanan pendamping.

 

Sumber: Tabloidbintang

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi