Kamis, 25/04/2024 - 13:57 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

AFRIKAINTERNASIONAL

Kebun Binatang Kuba Kini Lebih Ramah Pengunjung Tuna Rungu

ADVERTISEMENTS

Kebun binatang Kuba fasilitasi penerjemah bahasa isyarat untuk pengunjung tuna rungu.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 HAVANA — Badak, jerapah, dan singa yang menghuni kebun binatang nasional Kuba telah lama menjadi keajaiban bagi semua orang. Hanya saja, bagi warga Kuba tuna rungu, seperti Tatiana Romero, tur ke fasilitas luas di luar Havana baru-baru ini menjadi jauh lebih ramah.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Awal tahun ini, penerjemah bahasa isyarat mulai menemani kelompok pengunjung tun rungu di atas bus dan jalan setapak yang membawa mereka melintasi dataran tertutup yang dirancang untuk meniru sabana Afrika. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


“Ketika saya masih kecil, saya sering mengunjungi taman. Namun bertahun-tahun telah berlalu,” kata Romero berusia 35 tahun yang kehilangan pendengarannya sejak dalam kandungan, dilansir dari reuters, Sabtu (24/9/2022).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Strategi Militer AS Diuji di Tengah Ketegangan Israel-Iran


“Penerjemah adalah kejutan besar, sekarang saya bisa mengerti segalanya,” ujarnya lagi.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Tur tersebut adalah salah satu dari beberapa program inovatif yang ditawarkan oleh kebun binatang yang dikelola dan dioperasikan oleh negara untuk penyandang difabel. Program lainnya termasuk terapi hewan untuk anak-anak dengan sindrom Down, autisme, dan kebutuhan khusus lainnya.


“Sebelumnya, sangat sedikit orang (tuli) yang mengunjungi kebun binatang karena mereka hanya bisa melihat binatang. Sekarang lebih banyak lagi yang berkunjung,” kata juru bahasa dan pendidik di kebun binatang Yoandra Oliva Lopez.


Pendidik lingkungan kebun binatang yang dilatih dalam program tiga bulan untuk belajar bahasa isyarat,sekarang berkoordinasi dengan pemerintah kota setempat untuk memfasilitasi tur bagi para penyandang difabel. Pejabat kebun binatang mengatakan, mereka juga bekerja untuk memulai tur serupa khusus untuk anak-anak tunarungu.

Berita Lainnya:
Korsel-Malaysia Lanjutkan Perjanjian Perdagangan yang Lama Mandek


Saat bus kebun binatang berjalan di sekitar sabana tiruan, penerjemah menggunakan bahasa isyarat untuk menjelaskan kepada sembilan peserta dalam tur awal pekan ini tentang 13 spesies hewan yang berkeliaran di dataran, serta biologi dan kebiasaan makannya.


“Sungguh luar biasa melihat kepuasan mereka dalam menerima semua informasi. Setiap tur berpemandu yang saya berikan kepada mereka adalah pengalaman yang luar biasa,” kata Lopez


Kebun Binatang Nasional Kuba adalah daya tarik favorit bagi orang Kuba. Tempat ini menampung 1.473 spesimen lebih dari 120 spesies hewan.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi