Jumat, 19/04/2024 - 16:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIGLOBAL

Merasa Ditipu, Pemegang Saham Gugat Barclays Rp 264 Triliun

ADVERTISEMENTS

Barclays dituding membuat jaminan palsu dan menyesatkan dalam laporan tahunannya

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 NEW YORK — Bank asal Inggris, Barclays Plc, digugat oleh para pemegang sahamnya pada Jumat (23/9/2022) lalu. Gugatan tersebut dilakukan setelah para pemegang saham mengklaim telah ditipu atas penjualan surat utang  sebesar 17,6 miliar dolar AS atau sekitar Rp 264 triliun.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Keluhan yang diajukan ke Pengadilan Distrik AS di Manhattan tersebut berasal dari dua perusahaan perencana program pensiun. Keduanya meminta pertanggungjawaban Barclays atas penurunan surat berharga yang diperdagangkan di bursa AS atau American Depository Receipts (ADR). 

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Usai Korupsi Timah yang Fenomenal, DPR Soroti Ekspor Bangka Belitung Anjlok


Pengaduan itu mengatakan Barclays membuat jaminan palsu dan menyesatkan secara material dalam laporan tahunannya. Kedua perusahaan juga mengatakan bank melebih-lebihkan laba, dan mengecilkan biaya operasionalnya.


“Kesalahan kontrol untuk memperhitungkan jumlah surat berharga yang diterbitkan terhadap jumlah surat berharga yang terdaftar adalah kegagalan mendasar dari pengendalian internal yang sangat jelas sehingga sengaja dilakukan dengan ceroboh,” kata pengaduan tersebut, dilansir Reuters, Sabtu (24/9/2022). 


Barclays mengungkapkan pada bulan Maret mereka telah menjual 15,2 miliar dolar AS surat berharga yang diperdagangkan di bursa. Jumlah tersebut lebih kecil dibanding 20,8 miliar dolar AS yang telah disahkan oleh regulator. Pada bulan Juli, bank meningkatkan jumlah oversold sebesar 2,4 miliar dolar AS.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Negara-Negara yang Setop dan Lanjutkan Ekspor Senjata ke Israel


Barclays menawarkan untuk membeli kembali kelebihan sekuritas. Pada 28 Juli, pihak bank mengatakan akan menyisihkan sekitar 1,73 miliar dolar AS untuk menerbitkan surat utang terkait dengan kelebihan permintaan tersebut. Bank mengatakan pada 15 September investor telah mengajukan klaim yang mencakup 7 miliar dolar AS dari sekuritas.


 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi