Jumat, 26/04/2024 - 05:11 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMISYARIAH

Misi Besar Erick Thohir, Jadikan Indonesia Sebagai Pusat Ekonomi Syariah Dunia

ADVERTISEMENTS

Indonesia punya masa depan ekonomi yang menjanjikan terutama ekonomi syariah

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengusung misi besar yaitu menjadikan Indonesia pusat ekonomi syariah dunia. Misi tersebut dilatarbelakangi besarnya potensi ekonomi syariah bangsa ini. Karena itu, sangat beralasan bila Indonesia menjadi negara dengan ekonomi syariah terbesar di dunia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Untuk mewujudkan misi tersebut, Erick Thohir membenahi ekosistemnya yang dimulai dengan pembentukan bank syariah yaitu Bank Syariah Indonesia Tbk dengan kode saham BRIS. Keberadaan bank ini untuk mendorong bertumbuhnya industri-industri syariah.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Indonesia punya masa depan ekonomi yang menjanjikan terutama ekonomi syariah,” kata Erick Thohir dalam unggahan akun Instagram resminya @erickthohir, Sabtu (24/9/2022).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Indef: Perlu Ada Studi Sosiologi Optimalkan Potensi Ekonomi Syariah

Menurut Erick Thohir, sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, sudah waktunya Indonesia mulai bergerak menjadi produsen bukan lagi konsumen industri halal. Karena itu, pemerintah pelan-pelan mewujudkannya. Lewat pembentukan PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Tbk yang merupakan gabungan bank syariah dari bank-bank pelat merah, ekosistem ekonomi syariah itu bisa bertumbuh lebih cepat.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Dengan adanya dari dari keuangan syariah kita bisa mendorong yang namanya potensi-potensi dari industri syariah,” kata Erick.

Apalagi, kata Erick Thohir, Indonesia adalah negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia. Ini menjadi kekuatan utama. “Yang terpenting saat ini adalah bagaimana potensi yang ada dikelola dengan baik oleh para professional dan praktisi ekonomi syariah yang berorientasi pada level global,” kata dia.

Berita Lainnya:
Pengunjung Grand Indonesia Pada Ramadhan 2024 Naik 15 Persen

Menurut Erick syarat untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah terletak pada tiga hal, pertama harus agresif menyampaikan ke dunia luar Indonesia punya pasar yang besar. Kedua pembangunan industri halal harus terus ditingkatkan, dan yang ketiga penguatan aspek good corporate governance dalam setiap aktivitas pengelolaan ekonomi syariah nasional.

Untuk saat ini, Erick menegaskan, keberpihakan kebijakan pemerintah terlihat dalam percepatan industri keuangan syariah ini. Erick pun mendorong agar seluruh pihak yang terlibat dalam ekonomi syariah memiliki profesionalisme dan standar tinggi.

“Satu kita memang punya market yang sangat besar, kita punya umat Muslim terbesar dan kalau dilihat data-data di industri halal kita pun bukan negara yang memproduksi industri, halal kita itu konsumtif industri halal,” ujarnya.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi