Sabtu, 20/04/2024 - 11:19 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIFINANSIAL

Erick Thohir: BUMN Modal Ventura Sudah Danai 336 Startup Indonesia

ADVERTISEMENTS

Saat ini modal ventura milik BUMN sedang membentuk Merah Putih Fund

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA — Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, Kementerian BUMN terus mendukung pertumbuhan ekonomi digital dan membangun ekosistemnya. Saat ini, BUMN memiliki lima perusahaan modal ventura yang sudah mendanai 336 Startup di Indonesia. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Perusahaan modal ventura tersebut yakni Mandiri Capital, BRI Ventures, MDI Ventures, Telkomsel Mitra Inovasi, dan BNI Ventures. “Modal ventura di bawah BUMN ini sudah berinvestasi kepada 336 startup yang memang kalau dilihat hari ini sudah banyak yang jadi soonicorn dan unicorn,” ujar Erick dalam pembukaan BUMN Startup Day 2022, di ICE BSD, Tangerang, Banten, Senin (26/9/2022).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Bandara SIM Aceh Terima Tambahan Penerbangan Angkutan Lebaran


Erick menambahkan,  saat ini modal ventura milik BUMN sedang membentuk Merah Putih Fund (MPF) untuk membantu startup-startup yang sudah dalam tahap berkembang dan valuasinya besar sehingga bersiap menjadi unicorn.


Menurut Erick, hal tersebut seiring dengan konsep Presiden Joko Widodo terkait pembangunan ibu kota baru. “Ibu kota baru ini akan lebih friendly pada investasi fintech, ini yang coba kita rajut,” imbuhnya.


Sebagai informasi, MPF diperkenalkan pada Desember 2021 dengan mengumumkan komitmen awal pendanaan putaran pertama ini senilai 300 juta dolar AS.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Pada Juli lalu, MPF ini baru mendapat izin dari OJK untuk memulai pendanaan. Adapun, MPF juga telah memenuhi kewajiban minimum dana kelolaan Rp 1 miliar akhir Agustus lalu.

Berita Lainnya:
BUMN Gelar Lagi Rekrutmen Bersama, Ada 688 Lowongan Kerja dan 1.830 Posisi


Kala itu, Ketua PMO Merah Putih Fund Eddi Danusaputro menjelaskan, setelah adanya izin tersebut saat ini kelima modal ventura ini akan mulai mengumpulkan dananya sesuai target awal yaitu 300 juta dolar AS.


Hanya saja, Eddi mengakui proses pengumpulan dana ini masih perlu membutuhkan waktu, pengumpulan dana ini memerlukan beberapa proses seperti membuat paperwork dan melakukan transfer dana dari modal ventura yang terlibat tersebut.


“Ya kisarannya dana tersebut bisa terkumpul kuartal I atau molor-molornya kuartal II tahun depan,” kata Eddi.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi