Jumat, 19/04/2024 - 21:02 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Jari Raja Charles Terlihat Bengkak, Dokter Duga Ini Penyebabnya

ADVERTISEMENTS

Ada satu kemungkinan kondisi kesehatan mendasar yang menyebabkan jari membengkak.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA – Setelah kematian Ratu Elizabeth II, perhatian kini tertuju kepada Raja Charles III. Dalam rekaman terbaru, penampilan Raja Charles terlihat muram, tetapi ada elemen lain yang menarik perhatian banyak orang yaitu jari-jarinya yang tampak membengkak.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Dokter di L&D Hospital, dr Monika Wasserman, mengatakan ada satu kemungkinan kondisi kesehatan mendasar yang menyebabkan jari membengkak yaitu edema. Edema juga dikenal sebagai kondisi jari yang bengkak, membuat tubuh kehilangan kemampuannya untuk mengeluarkan cairan berlebih.

ADVERTISEMENTS


“Akibatnya, cairan menumpuk, menyebabkan jari tangan dan kaki bengkak. Edema dapat menyerang siapa saja. Namun, lebih sering terjadi pada orang berusia 65 tahun ke atas,” kata Wasserman seperti dilansir Daily Star, Rabu (28/9/2022).

Berita Lainnya:
Enam Penyakit yang Umum Menyerang Selama Musim Liburan


Dia mengatakan, edema tidak termasuk kondisi serius yang mengancam jiwa. Namun, dia menyarankan penderitanya untuk segera berobat untuk menghindari masalah kesehatan yang serius.


Ada beberapa penyebab retensi cairan atau air yang menyebabkan edema, mulai dari diet hingga kondisi kesehatan yang mendasarinya. Ketika tubuh menahan kelebihan air, itu dapat menyebabkan jaringan bengkak di ekstremitas, terutama di jari.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Limfedema adalah jenis lain dari retensi cairan yang dihasilkan dari penyumbatan dalam sistem limfatik. Ketika kelenjar getah bening tidak dapat mengalirkan cairan getah bening dengan benar, cairan ini menumpuk di ekstremitas.


Kondisi tersebut identik dengan pembengkakan pada jari tangan, tangan, jari kaki, dan kaki. Angioedema juga merupakan jenis lain dari retensi cairan yang terjadi ketika cairan menumpuk di bawah kulit. Umumnya disebabkan oleh reaksi alergi, angioedema sering disertai dengan adanya gatal-gatal besar.

Berita Lainnya:
Praktisi: Jus Jambu Biji Bantu Pulihkan Pasien Demam Berdarah


Wasserman mengatakan, konsumsi obat-obatan tertentu, pembekuan darah atau hati, ginjal atau jantung yang tidak sehat juga dapat menyebabkan kondisi tersebut.


“Kurang olahraga, konsumsi banyak garam, dan terlalu banyak duduk dapat menyebabkan edema,” kata dr Wasserman.


Jika salah satu dari kedua pergelangan kaki, kaki, atau tungkai bengkak, dan tidak membaik selama beberapa hari, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Anda juga harus memeriksakan diri ke dokter jika pembengkakannya semakin parah, nyeri, atau daerah yang bengkak merah atau terasa panas saat disentuh. Hal yang sama berlaku jika suhu tubuh tinggi, merasa panas atau menggigil, atau jika Anda menderita diabetes dan kaki, pergelangan kaki bengkak.


 


 


 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi