Sabtu, 20/04/2024 - 01:26 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

OTOMOTIF
OTOMOTIF

Karpet Mobil tak Bisa Diganti Sembarangan, Ini Alasannya

ADVERTISEMENTS

Mengganti karpet mobil dengan produk aftermarket kerap dilakukan pemilik kendaraan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA — Mengganti karpet mobil dengan produk aftermarket kerap dilakukan pemilik kendaraan. Namun, pengendara harus waspada mengingat jika salah pemilihan karpet ternyata beresiko menimbulkan kecelakaan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara, mengatakan, jika salah memilih karpet maka karpet bisa membuat pedal tersangkut sehigga berpotensi menimbulkan kecelakaan.

ADVERTISEMENTS


“Pengendara harus jeli, karena karpet mobil tambahan bisa membuat pedal-pedal mobil tidak dapat bergerak bebas sesuai peruntukannya. Umumnya terjadi karena karpet mobil terlalu tebal atau jenis universal untuk semua model mobil sehingga tidak sesuai dengan desain pedal-pedal mobil,” kata Tara dalam keterangan pers kepada dikutip Rabu (28/9/2022).


Akibatnya, ketika pedal gas atau rem diinjak malah terjerat karpet mobil. Kondisi ini tentu sangat berbahaya karena mobil bisa berhenti mendadak kalau pedal rem tersangkut. Bahaya yang jauh lebih besar adalah ketika pedal gas tersangkut, karena dapat membuat putaran mesin tertahan di rpm tinggi, yang berakibat mobil tidak dapat dikendalikan sehingga memicu kecelakaan.

Berita Lainnya:
Mitsubishi Beri Bocoran Rencana Bawa Xpander Hybrid ke Indonesia


“Melihat risiko masalah di atas, disarankan untuk melakukan pengukuran sendiri alias custom karpet mobil sesuai dengan desain dan ukuran kabin supaya lebih presisi. Namun umumnya harga karpet mobil jenis ini lebih mahal ketimbang produk siap pakai,” ucapnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Tapi, lanjut dia, andaikan tetap mau membeli aksesoris karpet mobil siap pakai, cek apakah produknya dibuat khusus untuk mobil yang digunakan. Jangan paksakan membeli karpet untuk kendaraan yang berbeda, atau jenis universal mengingat ada risiko desainnya tidak sesuai kebutuhan mobil.


Menurutnya, pengendara wajib memberikan perhatian lebih pada bagian pedal-pedal di sisi pengemudi. Pastikan ketebalan dan desain karpet mobil tidak mengganggu pergerakan pedal-pedal.

Berita Lainnya:
Ribuan Mobil Listrik Hyundai Bermasalah dan Ditarik di Korsel, Bagaimana di RI?


“Memang karpet tebal memberikan rasa lebih nyaman dan berkelas, namun risiko tersangkut pedal juga besar. Selain itu, pastikan karpet dilengkapi pengunci atau perekat yang kuat agar karpet tidak bergerak saat kendaraan berjalan lantaran berpotensi terkena pedal-pedal,” ucapnya.


Selanjutnya, periksa apakah tersedia landasan karet pada bagian kaki, khususnya pada bagian pengemudi supaya tidak mudah selip sehingga mengganggu pergerakan kaki sekaligus tidak cepat rusak karena tergesek sepatu.


Pilih pula bahan karpet mobil yang tidak licin sehingga alas kaki tidak mudah terpeleset karena akan membahayakan gerakan pengemudi dan penumpang mobil. Terakhir, karpet mobil harus mudah dibersihkan dari berbagai kotoran untuk menjaga kebersihan kabin.


“Meskipun untuk kenyamanan dan keindahan kabin, jangan sembarangan membeli karpet mobil. Pastikan pengendara membeli karpet mobil yang sesuai desain mobil dan kriteria keamanan berkendara,” ujar dia.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi