Sabtu, 20/04/2024 - 05:11 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Deteksi Dini Penyakit Jantung Penting Banget, Terutama Buat yang Sudah Berusia 40

ADVERTISEMENTS

Deteksi dini penting untuk mengetahui lebih awal kemungkinan adanya gangguan jantung.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA — Pakar kesehatan Prof Tjandra Yoga Aditama mengatakan Hari Jantung Sedunia yang diperingati setiap tanggal 29 September menjadi pengingat mengenai pentingnya deteksi dini. Ini diperlukan untuk mengetahui lebih awal kemungkinan adanya gangguan jantung.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Peringatan Hari Jantung Sedunia tentunya akan jadi momentum penting untuk pengendalian penyakit jantung dan pembuluh darah, yang merupakan masalah kesehatan amat penting di Indonesia, salah satunya terkait pentingnya deteksi dini,” kata Prof Tjandra dikonfirmasi dari Jakarta, Kamis (29/9/2022).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Gejala Penyakit Jantung Bukan Hanya Nyeri Dada, Tandanya Juga Terlihat di Kaki-Jari Kaki

Direktur Pascasarjana Universitas Yarsi itu mengatakan deteksi dini atau skrining penyakit jantung sangat dianjurkan pada orang-orang usia di atas 40 tahun. Demikian juga pada kelompok risiko tinggi, misalnya pada mereka yang memiliki hipertensi atau diabetes.

“Masyarakat, terutama mereka yang merupakan kelompok risiko tinggi, perlu memeriksakan diri secara teratur, sehingga kalau ada perubahan dapat segera dideteksi,” kata Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu.


Prof Tjandra mengatakan, momentum peringatan Hari Jantung Sedunia juga perlu dimanfaatkan untuk melakukan sejumlah langkah strategis terkait pengendalian penyakit jantung. Momentum ini perlu digunakan untuk sedikitnya tiga hal.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Jerawat dan Bibir Kering, Masalah Kulit Saat Berpuasa di Cuaca Ekstrem


“Pertama mengingatkan dan meningkatkan pola hidup sehat untuk menjaga jantung tetap sehat seperti olahraga teratur atau beraktivitas fisik, tidak merokok, mengelola stres dan lain sebagainya,” katanya.

Kedua, masyarakat perlu diingatkan untuk secara berkala melakukan pemeriksaan gula darah, kolestero,l dan tekanan darah. Pemeriksaan penunjang lainnya juga diperlukan untuk memastikan kondisi kesehatannya.


sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi