Rabu, 24/04/2024 - 06:03 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Ini Jenis Kacang Terbaik untuk Dikonsumsi Seiring Bertambahnya Usia, Menurut Penelitian

ADVERTISEMENTS

Orang yang rutin mengonsumsi kenari memiliki risiko penyakit jantung lebih rendah.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Kacang-kacangan dikenal sebagai opsi camilan yang menyehatkan. Dari berbagai jenis kacang-kacangan yang ada, kacang kenari dapat memberi manfaat terbaik untuk menunjang proses penuaan yang sehat.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Manfaat kacang kenari dalam menunjang proses penuaan yang sehat ini diungkapkan dalam Coronary Artery Risk Development in Young Adults Study. Studi yang dipublikasikan di jurnal Nutrition, Metabolism, & Cardiovascular Diseases ini melibatkan 3.023 partisipan berusia 18-30 tahun.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Di awal studi, para partisipan ditanya mengenai kebiasaan makan mereka sehari-hari. Pertanyaan serupa juga kembali diberikan kepada partisipan pada tahun ke-7 dan ke-20 setelah studi dimulai. Umumnya, para partisipan memiliki kebiasaan mengonsumsi tiga perempat ons kacang kenari per hari.

ADVERTISEMENTS


Dalam kurun waktu 30 tahun, para partisipan juga diminta untuk menjalani serangkaian pemeriksaan. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengukur kondisi fisik dan juga klinis para partisipan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Tim peneliti lalu mencoba menilai manfaat jangka panjang dari kebiasaan mengonsumsi kacang kenari. Tim peneliti menemukan bahwa individu yang terbiasa mengonsumsi kacang kenari sejak usia yang lebih muda cenderung menerapkan pola makan yang lebih sehat.

Berita Lainnya:
Inggris Khawatir Peredaran Narkoba 'Frankenstein' Bakal Picu Kematian Massal


Selain itu, individu yang terbiasa mengonsumsi kacang kenari sejak usia lebih muda juga memiliki gaya hidup yang lebih aktif. Mereka pun tampak memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah ketika bertambah tua.


“Orang yang mengonsumsi kenari memiliki fenotipe tubuh unik yang membawa beberapa dampak positif bagi kesehatan,” ujar ketua tim peneliti sekaligus profesor di bidang epidemiologi dan kesehatan masyarakat dari University of Minnesota School of Public Health, Lyn M Steffen, kepada EurekAlert!, seperti dilansir Eat This Not That, Kamis (29/9/2022).


Salah satu manfaat baik tersebut adalah kualitas pola makan yang lebih baik, terlebih bila kebiasaan mengonsumsi kacang kenari sudah dimulai sejak usia muda sampai pertengahan usia dewasa. Alasannya, di rentang usia dewasa tersebut, risiko penyakit kronis mulai meningkat.


“Seperti penyakit jantung, obesitas, dan diabetes,” kata Prof Steffen.


Menurut Prof Steffen, kesamaan pola makan yang diterapkan oleh individu pengonsumsi kacang kenari mengindikasikan bahwa kacang kenari mungkin berperan sebagai “jembatan” atau “carrier food“. Artinya, kacang kenari berpwran dalam membantu orang-orang membentuk pola makan dan kebiasaan hidup sehat sepanjang hidup.

Berita Lainnya:
Dokter Imbau Masyarakat Hindari Paparan Zat Asing untuk Cegah Kanker Darah


“Kebiasaan sehat yang dimulai sejak dini cenderung bertahan seiring bertambahnya usia kita, bila kita terbiasa menyantap segenggam kacang kenari sebahai cemilan, kita cenderung akan mempertahankan pola ini saat dewasa san mendapatkan manfaat nutrisinya,” kata ahli gizi, Selena Devries.


Devries mengatakan, kacang kenari mengandung omega-3, yaitu jenis lemak yang bersifat antiinflamasi. Omega-3 pun diketahui dapat memberikan manfaat bagi kesehatan jantung. “Kacang kenari juga memberikan asupan serat dalam dosis yang sehat, yaitu sekitar 2 gram per ons,” ujar Devries.


Salah satu manfaat serat adalah menjaga kadar gula darah tetap stabil. Manfaat lain dari asupan serat adalah memberikan rasa kenyang dan puas yang lebih lama.


Devries mengungkapkan, tak ada kata terlambat untuk memulai kebiasaan mengonsumsi kacang kenari. Kebiasaan ini bisa dimulai dengan mengonsumsi beberapa buah kacang kenari per hari.


“(Contohnya) mengombinasikannya dengan cranberry kering serta sereal tinggi serat favorit Anda untuk menjadi cemilan yang mudah dibawa,” ujar Devries.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi