Selasa, 23/04/2024 - 21:41 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Sanggar Asal Gayo Lues Dominasi Gelar Juara Festival Saman 2022

ADVERTISEMENTS

Banda Aceh- Festival Saman 2022 yang dilaksanakan sejak tanggal 27-28 September 2022 di Taman Seni dan Budaya Banda Aceh berkahir.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Sanggar Hipemagas asal Gayo Lues berhasil meraih sebagai juara pertama, juara dua diraih Sanggar Desa Lempuh asal Gayo Lues, dan juara ketiga Sanggar Tampuk Manis Gayo asal Gayo Lues.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Sanggar Geunaseh asal Kota Banda Aceh dan Sanggar komunitas Saleum sebagai Juara harapan satu dan dua.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Even yang mengangkat tema Sinergi Lintas Generasi dalam Merawat Tradisi ini berjalan sukses, selain mengumumkan para juara juga menampilkan sejumlah kegiatan seni lainnya seperti penampilan musik etnik Aceh dari Amel dan Friends dan penampilan kolaborasi Tarian Saman dari perwakilan seluruh peserta, antusias para peserta dan penonton juga cukup tinggi.

ADVERTISEMENTS

Kepala Bidang Bahasa dan Seni Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Nurlaila Hamjah berharap peserta yang mengikuti festival ini ke depannya dapat berkontribusi lebih aktif lagi di event Disbudpar Aceh dan event seni lainnya guna mengembangkan seni budaya serta membangun karakter kedaerahan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
PR Besar Pj Gubernur Bustami Hamzah Tuntaskan Persoalan di Aceh

“Kiranya Festival Saman ini dapat menjadi salah satu wadah untuk meningkatkan kapasitas dan meraih prestasi yang lebih baik lagi ke depannya,” kata Nurlaila, Kamis (29/09/2022).

Ia juga mengatakan grup yang berhasil menjadi yang terbaik terus belajar dan berlatih, mengasah keterampilan.

“Penyelenggaraan Festival Saman adalah salah satu bentuk pelestarian seni tari warisan budaya tak benda dunia yang juga merupakan kebanggaan masyarakat Aceh. Kali ini dikemas melalui rangkaian penampilan menarik, agar kita semua yakin dan bangga bahwa Saman ini patut dilestarikan dan dikembangkan, dan kita yang hadir disini malam ini adalah penyambung pewaris seni budaya Aceh kepada generasi selanjutnya,” imbuhnya.

Harapannya grup peserta yag berpartisipasi dapat menjadi duta seni Tari Saman yang akan mengampanyekan keberadaan Tari Saman.

Berita Lainnya:
Minat Masuk UIN Ar-Raniry Banda Aceh Naik 300 Persen

“Terima kasih seluruh insan seni dan pekerja kreatif yang telah mendukung mensukseskan kegiatan ini, kepada tim Tari Saman khusunya baik yang tampil pada acara ini maupun yang tidak, para komunitas dan seniman, unsur keamanan serta semua pihak yang membantu kelancaran acara,” ujarnya.

Nurlaila juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh juri yang terlibat dalam perhelatan Festival Saman 2022.

“Penghargaan juga kami sampaikan kepada para juri yang bekerja maksimal, penuh dedikasi, menjaga kepercayaan serta amanah sehingga sesi perlombaan berlangsung lancar dan sukses,” ungkapnya.

Daftar Juara Festival Saman 2022.

Juara 1: Sanggar HIPEMAGAS, Gayoe Lues (Domisili-Kota Banda Aceh).Juara 2: Sanggar Desa Lempuh, Gayo Lues.Juara 3: Sanggar Tampuk Manis Gayo, Gayo LuesHarapan: Sanggar Geunaseh, Kota Banda Aceh.Harapan: Sanggar Komunitas Saleum, Kota Banda Aceh.

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi