IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Rame lagi, Bjorka Bobol Data Pribadi Kepala BSSN Setelah Anggaran Naik

Rame lagi, Bjorka Bobol Data Pribadi Kepala BSSN Setelah Anggaran Naik

BANDA ACEH -Lama tak ada perkembangan terkait aksinya, peretas (hacker) Bjorka tiba-tiba muncul dan membuat ulah lagi. Kali ini, ia membocorkan data pribadi (doxing) seorang Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian.

Mulanya, Bjorka mengomentari berita dari salah satu media di Indonesia yang mengumumkan adanya peningkatan anggaran BSSN menjadi Rp 624 miliar. 

Disebutkan dalam artikel berita itu bahwa kenaikan anggaran BSSN diduga berkaitan dengan ulah atau aksi-aksi yang dilakukan oleh Bjorka.

“I HEARD SOMEONE JUST MADE QUITE A BIT OF MONEY BECAUSE OF ME?” tulis Bjorka dalam Bjorkanism Telegram Group, yang dikutip Kamis (29/9/2022).

Setelah itu, Bjorka mengunggah profil milik bos BSSN Hinsa Siburian. Format doxing Bjorka mirip dengan data resmi pejabat yang ia bocorkan sebelumnya.

BACAAN LAIN:
Kejahatan dengan Teknologi Dibahas dalam UU KUHP

Data yang diberikan Bjorka meliputi nomor telepon, nama, jenis kelamin, nomor induk penduduk (NIK), nomor kartu keluarga (KK), alamat, tanggal lahir, pekerjaan, pendidikan, agama , status nikah, status nikah , nomor kartu vaksinasi, hingga kendaraan.

“LET’S ASK THIS OLD MAN WHAT THE MONEY WILL BE USED FOR,” tulis Bjorka lagi.

Diketahui sebelumnya, Komisi I DPR RI telah menyetujui pagu anggaran Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk tahun 2023 sebesar Rp 624 miliar. 

Salah satu tujuannya adalah untuk melindungi keamanan jagad maya khusunya di Indonesia dari serangan cyber crime, seperti Bjorka dan hacker-hacker lainnya.

Anggaran yang disahkan pada Kamis (22/9/2022) tersebut dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan dua program dari BSSN, yakni Manajemen Badan Siber dan Sandi Negara dengan jumlah nilai Rp 407.146.873.000 seerta program keamanan dan ketahanan siber (cybersecurity) dan sandi negara Rp 217.224 610 000.

BACAAN LAIN:
BPJS Kesehatan Perkuat Interoperabilitas dengan Kementerian Kesehatan

Bjorka adalah seorang hacker yang kerap membobol dan membocorkan terkait informasi pribadi orang Indonesia untuk diperjual-belikan di situs-situs blackmarket hacker.

Tidak hanya masyarakat biasa, ia juga membocorkan data informasi pribadi milik sejumlah pejabat penting pemerintah Indonesia.

Berikut daftar korban yang datanya dibocorkan Bjorka:

1. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate

2. Menteri BUMN Erick Thohir

3. Ketua DPR Puan Maharani

4. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

5. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian

6. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

7. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan

8. Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar

9. Denny Siregar

10. Permadi Arya

11. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD

12. Kepala BSSN Hinsa Siburian.

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Rame lagi, Bjorka Bobol Data Pribadi Kepala BSSN Setelah Anggaran Naik
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!