IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Empat Wilayah Ukraina Bergabung dengan Rusia

Empat Wilayah Ukraina Bergabung dengan Rusia
Bagikan

Bagikan Artikel Ini

atau salin tautannya

Ukraina dan sekutu Barat-nya menolak hasil referendum tersebut.

 MOSKOW — Empat wilayah Ukraina menandatangani perjanjian untuk bergabung dengan Rusia, Jumat (30/9/2022). Presiden Rusia Vladimir Putin berterima kasih kepada rakyat Luhansk, Donetsk, Kherson, dan Zaporizhzhia yang telah memilih keputusan tersebut dalam referendum yang digelar pada 23-27 September lalu.


 


“Dalam beberapa hari terakhir, orang-orang di Donetsk, Luhansk, Kherson dan Zaporizhzhia menganjurkan pemulihan persatuan bersejarah kita. Saya berterima kasih,” kata Putin dalam upacara pengesahan bergabungnya empat wilayah tersebut ke Rusia di Grand Kremlin Palace’s St. George’s Hall, dilaporkan laman kantor berita Rusia, TASS.


 

BACA JUGA:
Cuaca Dingin Dorong Permintaan Listrik di Ukraina


Kata-kata Putin disambut riuh tepuk tangan hadirin. Acara tersebut dihadiri oleh anggota parlemen State Duma, senator, kepala daerah, serta delegasi atau perwakilan dari empat wilayah Ukraina yang bergabung dengan Rusia.


 


Pada 23 hingga 27 September lalu, Luhansk, Donetsk, Kherson, dan Zaporizhzhia menggelar referendum untuk bergabung dengan Rusia. Moskow mengklaim sekitar 98 persen pemilih dalam referendum setuju untuk bergabung.

BACA JUGA:
Protes Anti-Lockdown China Guncang Pasar Saham dan Minyak


 


Ukraina dan sekutu Barat-nya menolak hasil referendum tersebut. Mereka menilai referendum itu telah diatur sedemikian rupa hasilnya oleh Moskow.


Kendati ditolak dan ditentang, Rusia tetap melanjutkan rencananya untuk “merebut” keempat wilayah itu. Luhansk, Donetsk, Kherson, dan Zaporizhzhia mewakili 15 persen dari luas wilayah Ukraina. Jika digabung, luasnya setara dengan luas Portugal. 

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
marah
Marah
0
waduh
Waduh
0
sakit
Sakit
Empat Wilayah Ukraina Bergabung dengan Rusia
Masuk Login

Log in or create an account now to take advantage of its privileges, and it's completely free!