Kamis, 25/04/2024 - 22:13 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Kejakgung Paling Dipercaya Publik dalam Penegakan Hukum dan Berantas Korupsi

ADVERTISEMENTS

KPK yang notabene lembaga khusus korupsi kalah kepercayaan dengan Kejakgung.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA – Temuan survei terbaru yang dilakukan Indikator Politik Indonesia menyebutkan Kejaksaan Agung sebagai lembaga penegak hukum paling dipercaya publik. Kepercayaan publik terhadap Korps Adhyaksa ini berada di atas pengadilan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), maupun Kepolisian.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Survei ini dirilis secara virtual dengan tajuk: “Evaluasi Kondisi Sosial, Politik, Ekonomi, Hukum, dan Peta Elektoral Jelang 2024”, pada Ahad (2/10/2022). Menurut Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, survei dilakukan pada 13-20 September 2022.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Salah satu hal yang dipaparkan Burhanuddin adalah persepsi masyarakat terkait penegakan hukum. Hasilnya, Kejaksaan berada di posisi paling atas dengan 75 persen.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Ahli Kubu Prabowo-Gibran Akui Jadi Jubir TKN, Refly Harun: Mohon Dicatat yang Mulia

Burhanuddin Muhtadi menyatakan, posisi Kejaksaan Agung berada di atas pengadilan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), termasuk Polri.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Di posisi kedua ada pengadilan dengan 74 persen. Di bawah pengadilan ada KPK dengan 73 persen, menyusul kemudian Kepolisian dengan 63 persen.

“Kejaksaan Agung berhasil mempertahankan predikat lembaga hukum paling dipercaya publik,” kata Burhanuddin saat memaparkan hasil survei bertajuk Evaluasi Kondisi Sosial, Politik, Ekonomi dan Hukum secara virtual, Ahad (2/10/2022).

Burhanuddin melanjutkan, temuan Agustus lalu, periode survei 11-17 Agustus 2022, posisi Kejaksaan juga berada di atas KPK dan Polri. Ketika itu, tingkat kepercayaan terhadap Kejaksaan berada di angka 63,2 persen.

Berita Lainnya:
Siapa Helena Lim, Crazy Rich PIK Tersangka Kasus Timah yang Viral Saat Pandemi Covid-19?

Tidak hanya dalam hal penegakan hukum, dalam hal pemberantasan korupsi, kepercayaan publik atas Kejakgung juga menempati posisi tertinggi dengan 73 persen dukungan. Angka ini sama dengan yang dimiliki pengadilan yang juga memperoleh 73 persen.

Sementara KPK yang notabene adalah lembaga khusus pemberantasan korupsi hanya 72 persen, dan Kepolisian hanya 61 persen.

Survei Indikator melibatkan 1.220 orang responden, yang berasal dari semua provinsi yang terdistribusi secara proporsional. Adapun toleransi kesalahan sekitar 2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.


Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi