Lima Objek Wisata Menarik di Jawa Barat yang Berbalut Cerita Legenda

Lima Objek Wisata Menarik di Jawa Barat yang Berbalut Cerita Legenda
Bagikan

Bagikan Artikel Ini

atau salin tautannya

Objek wisata terkait cerita lengenda menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

BANDUNG — Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat (Disparbud Jabar) mengatakan wilayahnya memiliki lima objek wisata yang berbalut cerita legenda. Objek wisata tersebut dinilai sangat laik dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara.


“Adanya cerita-cerita legenda tersebut dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Benny Bachtiar, dalam keterangan tertulisnya, Ahad (2/10/2022).


Beberapa di antara kisah legenda melekat erat di sejumlah tempat yang sampai saat ini menjadi destinasi wisata bagi masyarakat. Berikut kelima objek wisata tersebut:

BACA JUGA:
Brand Lokal Indonesia Pegang Lisensi Produk Piala Dunia 2022


Gunung Tangkuban Parahu


Kisah Sangkuriang melekat erat dengan Gunung Tangkuban Parahu. Menurut legenda, gunung ini tercipta akibat kemarahan Sangkuriang yang gagal menikahi ibu kandungnya, Dayang Sumbi.

Terlepas dari itu, gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Subang dan Kabupaten Bandung Barat tersebut masih tercatat sebagai gunung api aktif. “Selain itu, ada tiga kawah yang bisa ditemukan di sana, yaitu Kawah Upas, Kawah Ratu, dan Kawah Domas,” kata Benny.


Situ Bagendit


Situ Bagendit merupakan daya tarik wisata yang berada di Kabupaten Garut. Danau ini memiliki ukuran yang luas sehingga dijadikan sebagai salah satu sumber air untuk memenuhi kehidupan masyarakat di sekitar.

BACA JUGA:
Tanda Strok Ringan: Mati Rasa Sesaat pada Kaki

Menurut legenda, danau tersebut tercipta akibat keserakahan dari seorang tokoh bernama Nyai Bagendit. Meskipun kehidupannya bergelimang harta, Nyai Bagendit enggan berbagi kepada warga yang tidak mampu.


Situ Cangkuang


Situ Cangkuang terletak di Kabupaten Garut. Di objek wisata tersebut wisatawan bisa menikmati daya tarik danau serta bangunan candi kuno yang diperkirakan sudah berdiri sejak abad 8 M.

Selain Situ Cangkuang, di lokasi ini juga terdapat Kampung Pulo yang kaya akan sejarah. Menurut cerita turun temurun, dulunya Kampung Pulo dihuni Eyang Embah Dalem Arief Muhammad, seorang penyebar agama Islam yang namanya sudah melegenda.


sumber : Antara

Sumber: Republika

0
happy
Happy
0
sad
Sad
0
angry
Angry
0
shock
Shock
0
sick
Sick
Lima Objek Wisata Menarik di Jawa Barat yang Berbalut Cerita Legenda
Masuk Login

Log in or create an account now to take advantage of its privileges, and it's completely free!

Follow us