IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

PSSI Pertimbangkan Majukan Jadwal Malam Liga 1 Usai Tragedi Kanjuruhan

PSSI Pertimbangkan Majukan Jadwal Malam Liga 1 Usai Tragedi Kanjuruhan
Bagikan

Bagikan Artikel Ini

atau salin tautannya

LIB sebelumnya mengakui pemegang hak siar berperan dalam penyusunan jadwal Liga 1.

 JAKARTA — PSSI mempertimbangkan untuk memajukan jadwal pertandingan malam Liga 1 Indonesia 2022/2023 pascakerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022), yang mengakibatkan ratusan orang meninggal dunia.


“Setelah kejadian itu, ada beberapa pendapat yang menyatakan keinginan untuk mempercepat jadwal atau pertandingan tidak dilangsungkan pada larut malam. Ini menjadi pertimbangan yang baik dan memang harus diakomodasi PSSI dan LIB (operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru-red),” ujar Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Ahad (2/10/2022).


Menurut Yunus, penyusunan jadwal Liga 1 Indonesia 2022-2023 sudah disepakati oleh semua pemangku kepentingan kompetisi termasuk LIB, PSSI, sponsor, dan panitia pelaksana pertandingan. Meski demikian, dirinya tidak menampik terjadi beberapa kondisi yang mengganggu keamanan terutama pada pertandingan malam hari.

BACA JUGA:
PSSI Tunggu Surat Balasan FIFA Soal Pengelolaan Stadion Menuju Piala Dunia U-20


“Memang dalam perjalanannya ada hal-hal yang tidak baik khususnya terkait keamanan,” tutur Yunus.


Persoalan jadwal malam ini sebenarnya sudah dikritik oleh beberapa klub sebelum Liga 1 Indonesia 2022-2023 bergulir. Tim-tim seperti Persib dan Persebaya menganggap jadwal malam, yang dimulai pukul 20.00 WIB atau 20.30 WIB, merugikan mereka karena dapat mengganggu kesehatan pemain.


Ketika itu, operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengakui bahwa pemegang hak siar berperan dalam penyusunan jadwal tersebut.


“Tidak bisa dipungkiri bahwa unsur pemegang hak siar harus diikuti dalam menyusun jadwal. Menurut mereka, pada jam segitulah penonton sudah santai di rumah sambil menunggu istirahat,” kata Direktur Utama LIB Akhmad Hadian Lukita pada Juli 2022.

BACA JUGA:
Rakor Bersama Polri dan PSSI, Menpora Jelaskan Pentingnya Kompetisi Bergulir Kembali


Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan bermula saat ribuan suporter Arema FC, Aremania, merangsek masuk ke area lapangan setelah tim kesayangannya kalah 2-3 dari Persebaya. Pertandingan itu dimulai pukul 20.00 WIB.


Polisi kemudian menembakkan gas air mata di dalam lapangan yang membuat banyak suporter pingsan dan sulit bernafas.


Suporter yang bertumbangan membuat kepanikan di area stadion dan berebut mencari jalan keluar. Mereka mengeluh sesak nafas terkena gas air mata dan terinjak-injak saat berusaha meninggalkan tribun stadion.


Mulai Ahad, LIB telah memutuskan untuk menunda Liga 1 2022/2023 selama satu pekan.


sumber : Antara

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
marah
Marah
0
waduh
Waduh
0
sakit
Sakit
PSSI Pertimbangkan Majukan Jadwal Malam Liga 1 Usai Tragedi Kanjuruhan
Masuk Login

Log in or create an account now to take advantage of its privileges, and it's completely free!