Selasa, 16/04/2024 - 21:00 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Kapolri Copot Kapolres Malang dan 9 Perwira Pertama

ADVERTISEMENTS

Keputusan itu buntut dari tragedi di Stadion Kanjuruhan yang menewaskan 125 orang.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

MALANG — Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi mencopot Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat. Keputusan tegas tersebut buntut dari penegakan sanksi dan hukuman disiplin terhadap anggota Polri terkait tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur (Jatim).

ADVERTISEMENTS


Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, Kapolri juga memerintahkan Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen Nico Afinta menonaktifkan sembilan pejabat tinggi di kepolisian wilayah tersebut. “Malam ini juga Bapak Kapolri mengambil keputusan untuk melakukan penonaktifan Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat,” kata Dedi di Malang, Jatim, Senin (3/10/2022).

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah


Keputusan pencopotan tersebut sudah tertuang dalam ST Kapolri 2098/X/KEP/2022. Dalam Surat Telegram (ST) tersebut juga menjelaskan untuk menempatkan AKBP Putu Kholis sebagai Kapolres Malang yang baru. “AKBP Ferli Hidayat dinonaktifkan dan dimutasikan sebagai Pamen SSDM Polri,” kata Dedi.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Israel Larang Warga Masuki Masjid Al Aqsa, Kemenlu Palestina: Kejahatan Terhadap Kemanusiaan


Irjen Dedi melanjutkan, dalam perintah Kapolri itu, Sigit juga memerintahkan Kapolda Jatim untuk mencopot sembilan perwira di Polres Malang. Mereka yang dicopot adalah Danyon AKBP Agus Waluyo, Danki AKP Hasdarman, Danton Aiptu M Solihin, Aiptu M Samsul, Aiptu Ari Dwiyanto, Danki AKP Untung, Danton AKP Danang, Danton AKP Nanang, dan Danto Aiptu Budi.


“Pencopotan tersebut seperti yang diperintahkan oleh Bapak Kapolri,” ujar Dedi. Terhadap sembilan perwira pertama tersebut, pun dikatakan masih dalam pemeriksaan oleh Propam dan Inspektorat Khusus (Itsus).

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah


Polri kembali menjadi sasaran kritik publik pascaterjadinya tragedi kemanusian di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jatim. Dalam peristiwa usai pertandingan antara Arema FC Vs Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022), sedikitnya 125 penonton dan suporter pada laga tersebut tewas. Sebanyak 445 orang lainnya juga mengalami luka-luka berat dan ringan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal
Berita Lainnya:
Pengamat: Hak Angket Layu Sebelum Berkembang


Tragedi itu disebabkan penggunaan gas air mata yang dilakukan satuan pengamanan terhadap para penonton yang dinilai melakukan protes dan kerusuhan. Penggunaan gas air mata itu memicu ribuan penonton bubar dengan cara berdesak-desakan di pintu keluar stadion.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%


Tak sedikit mereka yang tewas disebabkan kehabisan oksigen dan sesak karena paparan gas air mata. Mereka yang tewas juga banyak karena terinjak-injak oleh penonton lain.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024


Langkah aparat dalam kerusuhan itu dinilai salah. Statuta FIFA yang menjadi kewajiban di semua negara, melarang pengamanan di dalam stadion menggunakan gas air mata, ataupun senjata tajam yang berbahaya bagi penonton.

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi